Megaproyek IKN

Jadi Penyangga IKN, Mahakam Ulu Belum Tergarap Maksimal!

Tak semua wilayah penyangga megaproyek IKN ter-cover maksimal. Masih ada yang terlewatkan. Seperti Kabupaten Mahakam Ulu.

Featured-Image
Anggota DPR RI Komisi V, Irwan (Foto: Tangkapan layar, apahabar.com/Ayyubi)

bakabar.com, JAKARTA - Tak semua wilayah penyangga megaproyek IKN ter-cover maksimal. Masih ada yang terlewatkan. Seperti Kabupaten Mahakam Ulu.

Di sana ada jalan yang sudah siap. Tapi belum seutuhnya. Baru sampai segemen long bagun 4.

Sejauh ini, PUPR telah menuntaskan jalan dari long bagun sampai sungai ratah. "Sudah dibuatkan jembatanannya," kata Anggota DPR RI Komisi V, Irwan, Rabu (6/9).

Baca Juga: Klaim KLHK: Tambang Ilegal di IKN Sudah Beres!

Tapi, legislator asal Kaltim itu menekankan agar PUPR juga menyelesaikan akses jalan Jembatan Sungai Ratah. Untuk ditujukan ke segmen lainnya.

"Ada yang ke segmen 6,7, dan 8. Terdapat 40 Km jalan yang belum tuntas," ungkapnya.

Irwan menagih keseriusan pemerintah. Jika ingin menggelar 17-an di sana, maka jalan nasional itu dimasukkan ke dalam multi years contract (MYC). 

"Karena jalan itu akan dilewati Presiden. Kalau pas upacara di IKN masih belom tuntas, pasti ramai di media sosial," terangnya

Penting untuk diketahui. Tahun ini pembangunan di Kaltim betul-betul mengalami pecepatan. Termasuk lanjutan untuk tahun depan.

Baca Juga: Menteri Bahlil Tak Tahu IKN Dikepung Tambang Ilegal!

Terhitung, progres pembangunan dari 75 persen sampai 86 persen. sejak 2020  "Ini prestasi yang kami sangat apresiasi," katanya.

Tapi, catatan dari Irwan, kalau segmen long bagun juga tidak ikut dituntaskan, tentu ini tidak adil.

"Karena dari batas selatan, kalsel ke paser, TPU Blakikpapan samarinda udah tuntas. Kemudian dari samarinda bontain, kutai timur, berau ke perbatasan kaltim insya allah tahun depan udah tuntas," paparnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner