Sport

Jacksen Kembali, Barito Digasak Persipura

apahabar.com, MARTAPURA – Kembali ke Stadion Demang Lehman bersama Persipura Jayapura, Jumat (23/8), pelatih Jacksen Tiago…

Featured-Image
Barito Putera Vs Persipura. Foto-Instagram

bakabar.com, MARTAPURA – Kembali ke Stadion Demang Lehman bersama Persipura Jayapura, Jumat (23/8), pelatih Jacksen Tiago benar-benar membikin Barito Putera merana.

Barito menjamu Persipura tanpa diperkuat Evan Dimas Darmono dan Rizky Rizaldi Pora yang mengikuti training camp bersama Timnas Indonesia di Bogor.

Posisi Evan di lini tengah diisi Ady Setiawan. Sementara pos yang ditinggalkan Rizky ditempati Yakob Sayuri.

Sementara Djajang Nurjaman yang sudah diresmikan sebagai pelatih anyar Barito, hanya duduk di tribun VIP dengan beberapa lembar kertas di tangan dan sesekali menuliskan sesuatu.

Posisi di areal teknis masih ditempati Yunan Helmi, berseberangan dengan Jacksen Tiago yang beberapa bulan sebelumnya menjadi pelatih Barito.

Kehilangan dua pemain pilar membuat sektor tengah Laskar Antasari kesulitan bersaing. Persipura pun nyaris unggul di menit 2 melalui aksi Mamadou Samassa.

Kemudian di menit 13, giliran Barito yang mengancam melalui tandukan Samsul Arif. Usaha tersebut juga masih melebar dari sasaran.

Persipura terus menekan dan menghasilkan peluang berikutnya melalui sepakan Titus Bonai dari dalam kotak penalti di menit 19. Tak lama berselang, Boaz Solossa gagal memanfaatkan umpan lambung Oh In-kyun.

Usaha Persipura membuahkan hasil di menit 36, justru melalui set piece. Tendangan bebas Samassa memang sempat ditepis Aditya Harlan, tetapi gagal menghentikan laju bola yang meluncur ke gawang.

Memasuki babak kedua, Barito berusaha keluar dari tekanan melalui pergantian pemain. Lucas Rodriguez yang lebih bertahan, digantikan Paulo Sitanggang di menit 58.

Namun kehilangan Lucas membuat Barito kesulitan dalam bola-bola atas. Hasilnya terjadi di menit 59, ketika Persipura menggandakan keunggulan.

Diawali freekick Ian Kabes dari kanan lapangan, Ribeiro dos Santos memenang duel udara kontra Dandi Maulana untuk menyundul bola ke tiang dekat.

Bukan memperkecil kekalahan, Barito kembali kebobolan di menit 64. Freekick langsung Titus Bonai pasca handball Nazar Nurzaidin, bersarang di pojok kanan gawang.

Barito semakin terpuruk akibat gol keempat Persipura di menit 68. Kegagalan menghentikan akselerasi Kabes menjadi awal petaka berikutnya.

Kabes bisa melewati dua pemain, lalu bekerjasama satu dua dengan Samassa yang kemudian memberi umpan backheel. Sejurus kemudian Kabes mengarahkan sepakan mendatar ke pojok kanan.

Sudah unggul empat gol, Persipura tidak menurunkan tempo permainan. Mereka cukup nyaman memainkan kombinasi umpan pendek dan panjang hingga sepertiga akhir pertahanan lawan.

Di sisi lain, Barito masih kesulitan mengembangkan permainan. Ketiadaan penyambung lini tengah ke depan, seakan membuat Samsul Arif bekerja sendirian.

Hingga pertandingan berakhir, situasi tidak berubah. Akibat kekalahan keempat di kandang atau delapan sepanjang Liga 1 2019, Barito melorot ke peringkat 15 klasemen sementara dengan 12 poin.

Sebaliknya Persipura melesat ke peringkat 8 klasemen dengan 20 poin. Comeback Jacksen juga berimbas positif kepada hasil-hasil yang diperoleh Si Mutiara Hitam.

6 pertandingan pasca kembali ditangani Jacksen, Persipura meraih 4 kemenangan, sekali kalah dan sekali imbang.

Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3)
Aditya Harlan; Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Donni Monim, Roni Beroperay; Bayu Pradana, Ady Setiawan (Nazarul Fahmi ’85), Lucas Rodriguez (Paulo Sitanggang ’58); Gavin Kwan Adsit, Samsul Arif, Yakob Sayuri (Ferdiansyah ’66)

Persipura Jayapura (4-4-2)
Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy (David Rumakiek ’77), Israel Warmiau, Ribeiro dos Santos, Mamadou Samassa, Oh In-Kyun, Ibrahim Conteh, Ian Kabes (Rivaldo Ferre ’79); Titus Bonai, Boas Solossa (Gunansar Mandowen ’72)

Baca Juga: Putut Maulana, Gamer Banua Di Global Series MotoGP eSport 2019

Baca Juga: Selain Pelatih Djanur, Barito Juga Rekrut Gelandang Jepang

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner