Perawatan Tubuh

IPL Hair Removal, Teknik Menghilangkan Bulu secara Permanen

Intense pulsed laser (IPL) hair removal adalah teknik penghilang bulu yang memanfaatkan spektrum cahaya dengan intensitas tinggi.

Featured-Image
Ilustrasi melakukan IPL hair removal. Foto: skinandwellbeingclinic

bakabar.com, JAKARTAIntense pulsed laser (IPL) hair removal adalah teknik penghilang bulu yang memanfaatkan spektrum cahaya dengan intensitas tinggi.

Sudah terdapat banyak pilihan untuk menghilangkan bulu dan rambut pada tubuh. Praktik waxing, threading, pencabutan langsung menggunakan pinset dan penggunaan krim masih sering dilakukan.

Metode-metode ini sering dipilih karena relatif murah, nyaman, dan fleksibel. Tetapi, metode-metode ini hanya bersifat sementara dan memerlukan tindakan repetitive agar kondisi mulus dapat dipertahankan.

Sekarang terdapat prosedur medis yang dapat menghilangkan bulu dan rambut secara permanen dengan menggunakan sinar, secara khusus intense pulsed light (IPL).

IPL bekerja dengan cara menghancurkan folikel rambut pada kulit, sehingga rambut tidak akan tumbuh lagi. Gelombang sinar yang akan dipancarkan bervariasi sesuai dengan kondisi, lokasi dan area kulit yang akan ditangani.

Terapi IPL hair removal, digunakan bermacam-macam gelombang cahaya, sehingga cangkupan areanya lebih luas. Selain dapat mencakup area yang lebih luas, IPL juga lebih minim risiko efek samping dan jarang ditemukan.

Baca Juga: Cocktail Mascara, Ciptakan Bulu Mata seperti Eyelash Extension

Efek samping yang dapat muncul dibagi menjadi efek samping akut, kronis dan permanen.

Efek samping akut, merupakan efek samping yang sering ditemukan namun akan menghilang dengan sendirinya. Contoh efek samping akut yang dapat timbul ialah nyeri, rasa tidak nyaman dan pembengkakan.

Selain itu, hiperpigmentasi, hipopigmentasi dan pembentukan jaringan perut merupakan contoh efek samping kronis yang dapat menjadi permanen.

Ada beberapa manfaat dari tindakan menghilangkan bulu dengan laser, yaitu;

1.      Menghilangkan bulu dengan cepat

Tindakan ini dapat menghilangkan bulu dengan waktu persiapan yang singkat dan tingkat efektivitas yang konsisten. Prosedurnya sangat cepat dan tiap sesinya membutuhkan waktu hanya 20 menit.

2.      Tepat sasaran

Prosedur kecantikan ini juga menggunakan laser yang terkonsentrasi, sehingga memberikan hasil yang presisi untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Bahkan, laser hair removal tidak akan merusak kulit sedikit pun, kulit tetap sehat dan mulus.

3.      Tidak terlalu sakit

Salah satu manfaat dari perawatan ini adalah tidak terlalu menimbulkan rasa sakit

4.      Mencegah munculnya rambut yang tumbuh ke dalam (ingrown hair)

Perawatan menggunakan metode ini bisa mencegah pertumbuhakn rambut yang tumbuh ke dalam. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya benjolan dan rasa gatal paada kulit.

Bulu Ketiak
Ilustrasi menghilangkan bulu ketiak dengan mudah (Foto: dok. Halodoc)

5.      Menjaga kulit tetap sehat

Mengurangi risiko kerusakan kulit atau breakout. Perawatan ini juga bisa mencegah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap akibat iritasi kulit.

6.      Tidak membutuhkan perawatan yang rumit

Hair removal treatment ini dapat menghilangkan rambut halus dalam waktu yang cukup lama, sehingga tidak perlu melakukan perawatan berulang dalam waktu dekat.

Melansir luminaaesthetics, sebelum melakukan IPL hair Removal, Anda wajib melakukan hal berikut:

1.      Sebelum menjalani perawatan, area yang dirawat tidak boleh terkena sinar matahari atau berjemur. Tabir surya dengan SPF 30 atau sebaiknya tabir surya SPF 50 harus digunakan setiap kali paparan sinar matahari tidk dapat dihindari.

2.      Harus menghindari mencabut, waxing atau memutihkan rambut selama enak minggu sebelum perawatan. Menjaga akar dan pigmen rambut sangat penting untuk keberhasilan perawatan.

3.      Tidak boleh mencukur area yang dirawat siang atau malam sebelum perawatan. Ini akan memungkinkan Cahaya langsung menuju folikel rambut.

Selama dilakukannya IPL hair removal

Selama perawatan, pertimbangan keselamatan tertentu penting. Pasien dan orang lain di ruang IPL memerlukan kacamat pelindung untuk mencegah risiko kerusakan retina pada mata.

Semburan udara dingin digunakan bersama Cahaya untuk meminimalkan kerusakan epidermis dan meningkatkan kenyamanan pasien. Penggunaan anastesi local bersifat opsional.

Setelah melakukan IPL hair removal

1.      Setelah perawatan, area tersebut mungkin menunjukan eritema (kemerahan dan pembengkakan) disekitar folikel yang terlihat mirip dengan bulu merinding yang besar.

2.      Sekitar 2 atau 3 minggu setelah perawatan penghilang bulu, 10 hingga 20% rambut yang dirawat akan rontok. Selama fase penyembuhan, area tersebut harus dirawat dengan hati-hati. Jangan menggosok atau menggaruk.

3.      Jika ada kerak yang muncul, biarkan ia lepas dengan sendirinya. Oleskan salep lidah buaya ke area yang dirawat beberapa kali sehari untuk menjaga kelembapan. Jangan mencukur area yang bengkak.

4.      Oleskan es bila terjadi pembengkakan. Bungkus es dengan kain lembut yang bersih. Ketidaknyamanan atau rasa perih dapat diredakan dengan parasetamol. Jangan mengonsumsi ibuprofen atau asipirin karena obat-obatan ini dapat bereaksi terhadap lampu IPL.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Mudah

5.      Menggosok secara berlebihan dapat membuka area yang dirawat dan meningkatkan kemungkinan timbulnya jaringan parut.

6.      Hindari olahraga berat selama dua hari setelah perawatan.

7.      Hindari mandi air panas, pancuran, mandi uap, atau sauna dan jangan berenang di air yang mengandung kaporit yang tinggi selama dua atau tiga hari.

8.      Jangan menggunakan krim pemutih atau 24 hingga 48 jam. Hindari eksfoliasi atau peeling selama satu minggu.

9.      Menghindari pakaian ketat

Petunjuk perawatan kulit pasca perawatan harus diikuti untuk mencegah komplikasi.

Editor
Komentar
Banner
Banner