Nasional

Inspiratif, Pemuda Tapin Bersih-Bersih Sungai Pandahan

Sadar pentingnya kebersihan lingkungan, sejumlah pemuda di Desa Pandahan menggelar bersih-bersih sungai antisipasi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).

Featured-Image
Sejumlah pemuda saat gelar bersih-bersih Sungai Pandahan di Kecamatan Tapin Tengah. Foto - apahabar.com/Sandy.

bakabar.com, RANTAU - Sejumlah pemuda di Desa Pandahan RT 03, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, menggelar bersih-bersih sungai di lingkungannya sebagai antisipasi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Minggu (21/1).

Salah satu pemuda Desa Pandahan, Aiman Fadillah mengatakan kegiatan tersebut dilakukan mengingat banyaknya tumpukkan sampah di sungai tersebut.

"Ini murni kesadaran pribadi dari para pemudanya. Karena sudah banyak tumpukkan sampah di bantaran Sungai Pandahan, sangat menggangu pemandangan," ucapnya.

"Total ada 3 truk sampah yang kita angkut. Sampahnya mulai dari sampah plastik rumah tangga, ranting sampai bangkai-bangkai ayam," lanjut Fadil.

Kebersihan sungai Pandahan, sambungnya, secara tidak langsung juga upaya mencegah mencegah bersarangnya nyamuk di sungai, mengingat kasus DBD saat ini meningkat di Kabupaten Tapin.

Fadil juga berharap dengan kegiatan tersebut,  masyarakat sadar agar tidak lagi membuang sampah ke sungai.

"Karena di lingkungan sini juga ada beberapa anak terdapat kasus positif demam berdarah. Semoga dengan ini bisa mengantisipasi penyebaran DBD," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner