Hot Borneo

Inspiratif! Anak Petani Jadi Kapolsek Hampang Kotabaru hingga Raih Reward dari Kapolri 

Kisah inspiratif kembali datang dari sosok polisi berprestasi di lingkungan Polres Kotabaru. 

Featured-Image
Sosok Ipda Sidiq Martujet, Kapolsek Hampang Kotabaru anak petani sukses setelah mendapat reward Kapolri, Foto : Sidiq for apahabar.com

apahahar.com, KOTABARU - Kisah inspiratif kembali datang dari sosok polisi berprestasi di lingkungan Polres Kotabaru. 

Polisi itu bernama Sidiq Martujet. Ia berpangkat Ipda dan menjabat sebagai Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Hampang, Kotabaru.

Perwira polisi satu ini belakangan diketahui berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya berprofesi petani dan ibunya hanya membuka warung kecil-kecilan.

Keluarga itu juga tinggal di pedalaman Kotabaru atau masuk wilayah perbatasan antara Kabupaten Paser Kaltim dengan Kotabaru. 

Tepatnya di Desa Pamukan Indah, Pamukan Utara, atau salah satu desa eks transmigrasi tahun 1983 silam.

Pria kelahiran 1984 ini tercatat memulai pendidikannya dari SDN 1 di Desa Balamea, lalu melanjutkan ke SLTPN 1 Desa Bakau.

Kemudian, Sidiq melanjutkan ke SMK di Kodeco Batulicin, Tanah Bumbu (Tanbu) hingga lulus.

Selanjutnya, pada 2004 silam, Sidiq mencoba mendaftar sebagai anggota polisi melalui jalur bintara.

Kala itu, pendaftaran dibuka di Tanbu sebagai kabupaten baru pemekaran dari Kotabaru.

Setelah berhasil lulus pendidikan, Sidiq ditugaskan kembali ke lingkup Mapolres Tanbu satu tahun kemudian.

Pada 2007, ia ditugaskan di Mapolsek Kuranji hingga 2018.

Di sana, ia diamanahi sebagai Bhabinkamtibmas Desa Ringkit Polsek Kuranji, Polres Tanbu.

Menariknya pada 2018 itu pula, Sidiq boleh berbangga lantaran mendapatkan reward Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian.

Bukan main-main, penghargaan itu diperolehnya lantaran aksi sosialnya terhadap bocah yang berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Kala itu, aksi Sidiq sempat viral lantaran ia merespons cepat dan membelikan sepatu bocah SD yang memakai sepatu tak layak alias bolong ke sekolah.

Informasi itu dengan cepat tersebar, hingga diketahui Kapolri Tito Karnavian lalu mengganjar penghargaan untuk Sidiq melenggang pendidikan gratis ke Sekolah Calon Perwira (Secapa).

Awal 2019, Sidiq berhasil lulus pendidikan perwira dan kembali bertugas ke lingkup Mapolres Tanbu, dan diberi jabatan sebagai Kapolsek Karang Bintang.

Setahun kemudian, atau 2020 Sidiq digeser masuk kandang dan bertugas ke Sat Intelkam Polres Tanbu.

Pada 2022, ia kembali dipindahtugaskan sebagai Kapolsek subsektor, (Polsek persiapan di Kecamatan Kusan Tengah) Tanbu, dan merangkap sebagai Waka Polsek Kusan Hilir.

"Nah, pada bulan Juli 2022 tadi, saya diberi amanah menjabat sebagai Kapolsek Hampang, Polres Kotabaru hingga sekarang. Ini kabupaten tanah kelahiran, dan saya sangat bersyukur bisa bertugas di kampung halaman," ucap Sidiq, Senin (19/12) sore.

Sebagai informasi, Kapolsek yang satu ini dalam waktu dekat atau awal Januari 2023 nanti juga dikabarkan bakal naik pangkat menjadi Iptu.

Editor


Komentar
Banner
Banner