Nasional

Innalillahi, Ulama Muda Balangan Abdurrahman Al-Banjari Al-Makky Wafat

Ulama muda Kabupaten Balangan H. Abdurrahman Al-Banjari Al-Makky wafat sekitar pukul 16.20 wita di RSUD Ulin Banjarmasin.

Featured-Image
Ustaz H Abdurrahman Al-Banjari Al-Makky Kabupaten Balangan. Foto: Istimewa

bakabar.com, PARINGIN - Kabar duka datang dari Balangan, ulama muda kabupaten setempat, H Abdurrahman Al-Banjari Al-Makky wafat, Senin (4/12/2023) sekitar pukul 16.20 Wita di RSUD Ulin Banjarmasin.

Kabar tersebut membuat jemaah Majelis Taklim Al 'Ulumus Syar 'iyyah Wa Thariiqatul Muhammadiyyah di Desa Sungai Awang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan berduka.

Kepala Desa Sungai Awang, Muhammad Syaibani mengatakan pemakaman akan dilakukan Selasa (5/12) pukul 10.00 Wita

"Insyaallah, pemakaman akan dilakukan besok di Majelis Taklim Al 'Ulumus Syar 'iyyah Wa Thariiqatul Muhammadiyyah di Desa Sungai Awang, Kecamatan Lampihong," ungkapnya.

Berikut biografi singkat ustaz H Abdurrahman Al-Banjari Al-Makky. 

Lahir di Makkah, 07-08-1989, cucu dari Syekh Ahmad Jamhuri Al-Banjari Al-Makky ulama Banjar yang mukim di Makkah serta murid dari Syekh Amin Qutbi, Syekh Hasan Masyad, Syekh Yasin Al-Padani.

Syekh Ahmad Jamhuri Al-Banjari Al-Makky adalah ulama Banjar yang sangat disegani di Makkah, beliau adalah Penyusun Shalawat 10 dan Syair Birrul Waalidain. 

Sejak lahir ustaz Abdurrahman tinggal di Makkah, setelah lulus SLTA kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Al-Ahqaf Hadramaut Yaman.

Beliau saat itu masih belum lancar berbahasa Indonesia. Baru kemudian lancar berbahasa Indonesia setelah melanjutkan kuliah S2 di UIN Malang.

Sejak lahir tinggal dan belajar di Makkah serta di Hadramaut Yaman. Kemudian setelah Lulus S2 beliau menetap di Desa Sungai Awang, Kecamatan Lampihong.

Adapun riwayat pendidikan ustaz Abdurrahman dari SD, SLTP, SLTA di Madrasah Shalatiyah Makkah. Setelah lulus beliau melanjutkan kuliah S1 di Universitas Al-Ahqaf Hadramaut kurang lebih 5 Tahun.

Setelah lulus dari Universitas Al-Ahqaf Yaman beliau melanjutkan kuliah S2 di UIN Malang Indonesia.

Aktivitas sehari-hari beliau mengajar di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai di MTs Nipa Rakha Amuntai, Dosen di STAI Rakha Amuntai dan Dosen Ma'had 'Ali Rakha Amuntai. 

Selain itu mengajar/mengisi pengajian di Langgar/masjid/majelis di beberapa desa di Kecamatan Lampihong, setiap hari beliau hampir ful mengajar siang dan malam. 

Beliau juga sekarang membuka pengajian (Majelis Taklim) untuk umum laki-laki dan perempuan di rumahnya sendiri di Desa Sungai Awang, Kecamatan Lampihong  setiap malam Ahad bakda Isya. 

Nama majelisnya adalah Majelis Al 'Ulumus Syar 'iyyah Wa Thariiqatul Muhammadiyyah. Nama tersebut diberikan langsung oleh Al-'Allamah Al-Muhaqqiq Ad-Da'i ilallah Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Sumaith Madinah.

Editor
Komentar
Banner
Banner