Relax

Ingin Tantangan Baru dan Pilih Hengkang dari SO7, Begini Lika-liku Perjalanan Karier Duta

apahabar.com, JAKARTA – Vokalis Sheila On 7 (SO7), Akhdiyat Duta Modjo, resmi hengkang dari band yang…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA – Vokalis Sheila On 7 (SO7), Akhdiyat Duta Modjo, resmi hengkang dari band yang membesarkan namanya itu. Duta, sapaan akrabnya, berdalih ingin merasakan tantangan baru di usianya yang sudah memasuki kepala empat.

"Umurku wes (sudah) 42 mas, perlu sesuatu yang baru," ungkapnya, seperti dilansir dari laman KRJogja, Minggu (28/8).

Pria kelahiran 30 April 1980 itu bakal merilis beberapa lagu dalam rangka persiapan proyek solonya. Dia bahkan mengeklaim lagu barunya memiliki warna dan suasana berbeda dari lagu-lagu SO7.

Duta menegaskan keputusan untuk bersolo karier ini tidak berhubungan dengan hengkangnya sejumlah personil SO7. Malahan, rekan satu band-nya mendukung keputusan sang vokalis yang ingin mencari tantangan baru dengan bersolo karier.

Suami Adelia Lontoh itu mengaku akan merintis karier solonya dari awal. Dia berencana tampil di panggung-panggung kecil, seperti pentas seni, acara gathering, ataupun pesta pernikahan di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Bukan Kali Pertama Manggung Tanpa SO7

Rencana Duta untuk manggung di acara kecil-kecilan itu sebenarnya bukan yang kali pertama. Dirinya diketahui sudah beberapa kali tampil mengisi acara tanpa SO7.

Saat tampil sendiri, Duta mengaku sering diminta membawakan lagu-lagu SO7. Namun, dia mengatakan tak mampu memenuhi permintaan itu dengan alasan ingin menghormati kawan satu band-nya.

Alhasil, Duta hanya bisa membawakan lagu-lagu SO7 yang dia ciptakan sendiri. Serta, lagu dari musisi-musisi lain yang memang disukainya. Adapun penampilan Duta ini diiringi oleh DKK, yang merupakan akronim dari 'Dan Konco-Konco.'

Tetap Eksis meski Sudah Berkepala Empat

Terlepas dari keputusan untuk bersolo karier, tak dapat dipungkiri bahwa Duta merupakan salah satu musisi yang masih eksis. Meskipun, dirinya sudah malang melintang di industri permusikan Tanah Air selama puluhan tahun.

Kariernya ini bermula ketika dia menggawangi band musik asal Yogyakarta, Sheila On 7, pada 1996 silam. Suaranya yang merdu berhasil melambungkan nama SO7 lewat lagu-lagu klasik, seperti Seberapa Pantas, Sahabat Sejati, dan Berhenti Berharap.

Sejak awal merintis karier bersama SO7, Duta mendapatkan banyak prestasi. Sebut saja, SO7 menjadi satu-satunya band Indonesia yang mampu menjual album fisik lebih dari satu juta copy dan tiga album berturut-turut.

Bukan cuma lagu-lagunya yang menggema, penampilan sang vokalis SO7 sendiri pun berhasil memikat para penggemar. Duta kerap tampil keren nan stylish, sehingga tak mengherankan bila pria yang sudah berkepala empat itu masih digandrungi kaum muda, bahkan sering dikira masih berusia 20-an tahun.

Menikah saat Berada di Puncak Karier

Ketika SO7 tengah berada di puncak kesuksesan, sang vokalis tak segan-segan meminang kekasihnya, Adelia Lontoh, yang kala itu adalah seorang model. Kini, keluarga kecil mereka tinggal bersama di Yogyakarta.

Duta boleh dibilang sering membagikan aktivitas keluarganya di media sosial. Sejumlah momen berharga bersama keluarga tercinta, seperti ulang tahun anak atau piknik bersama, dia bagikan di Instagram pribadinya.

Membuka Restoran Pizza

Selain menjadi musisi, Duta juga diketahui membuka restoran pizza di daerah Yogyakarta. Restoran pizza tersebut bernama Meglio. Malahan, dalam bio akun Instagramnya, Duta mengklaim bahwa dirinya kini adalah seorang full time rookie pizza maker. (Nurisma)



Komentar
Banner
Banner