Gaya Hidup

Ingin Nabung? Simak Tips Kelola Gaji Pakai Metode Ini...

Kesulitan mengatur gaji bukan problem segelintir orang. Banyak masyarakat modern atau mungkin Anda yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan setiap bulan

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Kesulitan mengatur gaji bukan problem segelintir orang. Banyak masyarakat modern atau mungkin Anda yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan setiap bulannya.

Tidak jarang malah Anda sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena kurangnya literasi keuangan sehingga tidak bijak mengelola gaji bulanan.

Metode 50/30/20

Metode 50/30/20 menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatur keuangan bulanan agar tidak boros.

Seringkali, orang-orang mengeluarkan banyak uang hingga lupa memenuhi kebutuhan pokok.

Alokasi gaji yang belum tepat dapat membuat orang kesulitan dana mengatur keuangan. Untuk itu, Anda harus memilih cara mengatur keuangan yang cocok.

Sederhananya, metode 50/30/20 ini akan mengalokasikan pendapatan Anda sebesar 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk memenuhi keinginan pribadi, dan 20 persen lainnya disisihkan untuk tabungan.

Selain itu ada cara jitu dalam mengatur gaji bulanan yang perlu Anda ketahui bahkan praktikkan jika ingin mengelola gaji secara cermat, apa sajakah itu?

1. Buat Anggaran Bulanan

Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda.

2. Segera Bayar Tagihan

Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama ysng wajib dilakukan adalah membayar tunggakan atau tagihan. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya.

Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu dapat membuat Anda lebih tenang dalam mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3. Sisihkan untuk Menabung

Jika selama ini Anda terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

4. Miliki Dua Atau Lebih Rekening Bank

Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari Anda seperti, menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja.

Sedangkan untuk rekening lain dapat Anda gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus ditabung dari gaji bulanan.

5. Investasi

Setelah Anda menyisihkan untuk tabungan dan gaji bulanan pada kebutuhan sehari-hari. Namun masih ada kelebihan dana dari gaji tersebut. Ada baiknya Anda menggunakan dana tersebut untuk investasi.

Investasi yang dapat Anda pilih misalnya dengan membeli saham atau produk investasi berjangka, hingga membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi.

Atau Anda juga dapat berinvestasi untuk peningkatan kapasitas diri, misalkan mengikuti kursus Bahasa Asing atau keterampilan lainnya.

Investasi yang Anda lakukan sebagai upaya mendorong kemampuan diri ini justru bisa memberi manfaat luar biasa di masa depan.

Editor


Komentar
Banner
Banner