Bisnis

Ingin Memulai Bisnis dengan Modal Rp 1 Jutaan? Coba Usaha Ini

Modal Rp 1 jutaan bisa menjadi langkah awal untuk berbisnis.

Featured-Image
DESSERT box, bisnis rumahan yang menjanjikan cuan.(foto: nibble.id)

bakabar.com, JAKARTA - Modal Rp 1 jutaan bisa menjadi langkah awal untuk berbisnis. Tentunya bentuk bisnis yang dilakukan harus tepat, sehingga pemilik bisa balik modal dan mengembangkan usahanya.

Ada 25 jenis usaha kekinian dengan modal Rp 1 jutaan. Dikutip dari laman OCBC, business, dan Forbes, yang dilansir detikcom, berikut beberapa model bisnis yang bisa menjadi referensi.

1. Tutor

Anda bisa mencoba membuka jasa tutor dengan mengajar dan membantu belajar siswa sekolah. Jasa tutor merupakan contoh usaha yang relatif fleksibel dan bisa dilakukan online maupun offline.


2. Jasa Fotografer atau Videografer

Ide usaha satu ini cocok dicoba untuk Anda yang mempunyai hobi di bidang foto atau video. Anda bisa menawarkan jasa untuk acara formal, informal, maupun di pusat keramaian.

Namun untuk usaha ini, pemula harus memiliki kamera dan peralatan pendukungnya lebih dulu. Misalnya lampu, mikrofon, atau alat cetak untuk mendukung hasil kerja serta pelayanan.

3. Jasa Penerjemah

Memiliki kemampuan dalam berbahasa asing dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. Apalagi bahasa asing kini menjadi keahlian yang banyak dicari di semua sektor usaha.

4. Bisnis Buku Bekas

Punya banyak buku pelajaran, komik, dan novel yang sudah tidak terbaca? Daripada menumpuk, buku-buku tersebut dapat dijual kembali dengan harga murah di platform e-commerce.

5. Bisnis Thrift Pakaian

Selain bisnis buku bekas, menjual pakaian bekas pun dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Bisnis ini dikenal dengan istilah thrifting, yang sudah ada di Indonesia sejak 2013.

6. Bisnis Crochet

Contoh hobi yang dapat dimanfaatkan sebagai ladang bisnis adalah menjual produk rajutan atau crochet. Bahan yang diperlukan relatif terjangkau dan bisa dijual dengan harga bervariasi.

7. Bisnis Dessert Box

Dessert box adalah produk makanan berupa cake dengan beraneka topping yang disajikan dalam sebuah kotak atawa plastik. Berbicara soal bisnis, pastinya makanan memiliki prospek menjanjikan. Estimasi modal 15-25 dessert box adalah Rp 500 ribu bergantung bahan, perlengkapan bisnis, dan keperluan lainnya.

8. Bisnis Pulsa dan Paket Kuota Internet

Bagi kalangan mahasiswa yang perlu pendapatan tambahan dengan modal minim, bisnis pulsa dan kuota bisa menjadi pilihan. Cukup bermodalkan smartphone dan voucher paket data, Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

9. Bisnis Aplikasi Premium Berbayar

Syarat dan mekanisme pembayaran aplikasi premium secara resmi di Appstore atau Google Playstore yang terlalu sulit, membuat banyak orang memilih untuk membeli aplikasi berbayar melalui penjual aplikasi online. Celah ini dapat dimanfaatkan dengan menjual berbagai aplikasi online berbayar.

10. Jasa Ilustrasi dan Desain Grafis

Jika punya keahlian di bidang grafis, Anda dapat mencoba membuka komisi ilustrasi atau menawarkan jasa desain grafis. Anda bisa menawarkan jasa dan memperlihatkan hasil karya Anda melalui platform sosial media untuk menarik pelanggan.

11. Bisnis Gift Box

Gift Box dengan isi dan bentuk yang beraneka ragam menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memberikan hadiah. Tentunya isi gift box bergantung pada kesepakatan konsumen dan penyedia jasa.

12. Bisnis Makanan Ringan

Camilan merupakan makanan yang selalu dikonsumsi dan digemari oleh berbagai kalangan usia. Harganya yang murah dan segmen pasarnya yang luas dapat menjadi ide bisnis mudah yang bisa Anda coba.

13. Bisnis Dropshipper

Dengan model bisnis ini, penjual tidak perlu mempersiapkan dan membungkus barang yang dijual. Paket tersebut akan dikirim supplier dengan mengatasnamakan dropshipper sebagai penjualnya.

14. Bisnis Laundry

Anda bisa memulai usaha laundry dengan cara membawakan baju-baju pelanggan ke laundry, atau menggunakan peralatan sendiri di rumah. Bisnis ini mungkin perlu modal besar di pembelian mesin cuci atau setrika.

15. Bisnis Jilbab

Pemasok produk jilbab dengan beragam model dan bahan kini mudah dicari online dan offline. Dengan memilih supplier yang sesuai, Anda bahkan hanya memerlukan modal sebesar Rp 500.000 untuk memulai bisnis ini.

16. Bisnis Alat Tulis

Alat tulis, aksesoris, dan masking tape tak hanya diperlukan untuk menulis tapi juga yang hibu journaling. Melihat target pasarnya, bisnis alat tulis dapat menjadi sumber penghasilan tambahan.

17. Bisnis Jasa Titip

Dalam sistem jasa titip, pembeli memberikan 'modal' kepada penjual untuk membelikan barang yang diinginkan. Biasanya semakin mahal dan banyak titipan, makin banyak pula omzet yang diperoleh.

18. Jasa Make Up Artist

Jasa make up artist bisa menjadi bisnis yang layak untuk dicoba. Jasa ini khususnya banyak dibutuhkan untuk acara-acara seperti pernikahan atau wisuda. Semakin jago kemampuan make up Anda, semakin besar omzet yang bisa didapatkan, lho!

19. Bisnis Kue Kering

Saat mendekati hari raya, permintaan kue kering yang melejit dapat mendatangkan penghasilan besar. Jika Anda mempunyai kemahiran dalam membuat kue dan sedang mencari ide bisnis dengan modal yang minim, tidak ada salahnya mencoba berbisnis kue kering.

20. Bisnis Foto Polaroid

Untuk memulai bisnis foto polaroid, Anda bisa memotret langsung menggunakan kamera polaroid atau mencetak sendiri di kertas foto. Sebaiknya gunakan jenis kertas art ukuran A3 biasanya dibanderol sekitar Rp 10.000.

21. Bisnis Aksesoris

Aksesoris seperti kalung dan gelang cocok bagi siapa saja yang ingin tampil menarik. Tiap jenis aksesori biasanya punya pasar sendiri, sesuai selera masing-masing.

22. Jasa Desain Kaos

Bagi Anda yang memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi, membuka jasa desain kaos mungkin dapat menjadi sarana yang tepat bagi Anda untuk menyalurkan kreatifitas sekaligus menjadi sumber penghasilan.

23. Bisnis Minuman Boba

Boba atau bubble adalah variasi minuman dengan tambahan bola-bola manis dari tepung tapioka yang disebut bubble. Melihat kepopulerannya, usaha boba bisa menjadi pilihan ide bisnis kekinian dengan modal Rp 1.000.000.

24. Bisnis Salad Buah

Bisnis makanan dengan modal minim lainnya yang dapat Anda coba adalah salad buah. Selain merupakan camilan sehat nan nikmat yang banyak dinikmati oleh berbagai kalangan usia, biaya yang perlu dikeluarkan untuk membuat salad buah pun tidak begitu besar.

25. Bisnis Print Poster

Walaupun terkesan sederhana, pendapatan yang bisa diperoleh dari bisnis stiker cukup besar, lho. Untuk memulai bisnis ini tidak harus membeli printer, Anda bisa menggunakan jasa percetakan yang disewa online atau offline.

Informasi ide bisnis dengan modal kurang dari Rp 1 juta ini semoga bisa memberi inspirasi terkait penghasilan tambahan. Sebelum mengawali bisnis, jangan lupa update harga barang modal dan lakukan perencanaan matang ya.


Editor
Komentar
Banner
Banner