Bisnis

Bisnis Dessert Box Rumahan, Mudah Dilakukan dan Menjanjikan Cuan

Dessert box menjadi peluang bisnis kuliner yang populer sejak maraknya pesan antar makanan secara online.

Featured-Image
ilustrasi/lokalsupportlokal.id

bakabar.com - Usaha makanan berupa cake yang disajikan dalam sebuah kotak plastik, dikenal dengan dessert box, menjadi peluang bisnis kuliner yang populer sejak maraknya pesan antar makanan secara online.

Terlebih, makanan manis yang biasa dihidangkan sebagai makanan penutup ini mudah dibawa ke mana-mana. Selain itu, dessert box bukan semata-mata untuk disantap sendiri, tetapi bisa menjadi ide hadiah kepada orang lain, seperti kepada keluarga, sahabat, hingga kekasih. 

Tentunya ini menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Lantas bagaimana sih caranya?

Berikut tips menjalankan usaha dessert box rumahan dan berpotensi dapat cuan gede. Simak penjelasan di bawah ini.

Menurut Tulip Chocolate sebagaimana dilansir paper.id, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan ide bisnis dessert box sehingga menghasilkan omset miliaran, antara lain:

1.     Lakukan Riset Pasar

Modal utama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis adalah melakukan riset pasar. Kamu perlu memahami lebih dulu minat dari calon pelanggan. Setelah itu, tentukan target pasar dengan spesifik. Misal, untuk dessert box kamu bisa targetkan khusus untuk para remaja yang cenderung lebih menyukai makanan kekinian dengan berbagai varian yang berubah seiring dengan perubahan tren. Bahkan, jika perlu lakukan survei atau membuat kuesioner demi mengenal preferensi dessert box calon pelanggan. 

2.     Miliki Konsep Sendiri

Hal utama yang terpenting ketika ingin mengembangkan sebuah bisnis makanan, sebaiknya memiliki atau menciptakan konsep bisnis sendiri. Pasalnya, kompetitor bisnis dessert box terbilang banyak, mengingat usaha ini cukup populer. Terlebih, konsep bisnis yang unik adalah kunci keberhasilan meraih hati pelanggan, mereka akan terkesan dengan rasa dan penyajian yang khas hasil kreasi sendiri.

Misalnya, kamu buat konsep makanan dengan rasa yang banyak diminati mayoritas orang, seperti coklat atau vanila. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan gaya hidup calon pelanggan yang terbiasa selalu berfoto dengan makanan di meja, kamu buat tempat dengan konsep yang instagramable yang bisa mengesankan calon pelanggan.

3.     Pakai Bahan Berkualitas

Setelah memiliki konsep sendiri, cobalah pakai bahan yang berkualitas. Apabila bahannya berkualitas, tentu mutu dessert box pun akan bagus. Meski demikian, kamu perlu menyesuaikan harga produk dan bahan baku yang dipakai agar bisnis tidak mengalami kerugian.

4.     Sediakan Berbagai Varian Ukuran

Menyediakan berbagai varian berguna agar kamu mampu menjangkau target pasar yang lebih luas. Misalnya, ukuran 12×12 cm cukup disantap untuk sendiri dan 20×20 cm pas untuk dimakan ramai-ramai. Selain itu, kamu juga perlu menyediakan kemasan box sebagai varian bentuknya.

5.     Desain Kemasan yang Menarik

Pelanggan akan tertarik jika dessert box dikemas secara menarik dan rapi. Desain produk juga harus disesuaikan dengan target pasar yang akan dibidik, karena setiap kelas pelanggan tentu memiliki karakteristik tersendiri. Mulai dari bentuk, warna, grafis, merek, ilustrasi, huruf hingga tata letak desain harus diperhatikan.

6.     Gencarkan Promosi Online

Dengan pemasaran online, kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan, baik di dalam negeri hingga pasar global. Ketika kamu bisa menjangkau pelanggan di berbagai kalangan dan siap melakukan ekspansi pasar yang lebih luas, maka brand kamu pun dapat melakukan ekspor.

Berapa Modal Bisnis Dessert Box?

Melansir dari BFI Finance pada tahun 2022, berikut estimasi rincian modal yang dapat kamu jadikan patokan untuk memulai bisnis dessert box.

Bahan                    Kuantitas         Harga
Susu cair                   ½ liter                   Rp9.000
Agar-agar                  5 gram                 Rp3.000
Whipping cream   250 gram                 Rp17.000
Mentega              500 gr (3 dsrt box)   Rp5.000
Cokelat                 150 gram                   Rp7.000
Topping bisk Lotus  1 keping                Rp2.000
Gula pasir              100 gr (6 dsrt box)  Rp 2.000
Oreo                       1 bungkus                 Rp7.000
Tepung maizena 500 gr (4 dsrt box)    Rp2.000
Tempat dessert box   1 buah                 Rp 6.000
                                                             --------------

Total 1 buah Dessert Box               Rp 60.000

Jika estimasi modal kotor sekitar Rp 60.000 dan kamu menjual 1 dessert box seharga Rp 65.000 – Rp 75.000. Maka, kamu akan untung berkisaran Rp 5.000 sampai dengan Rp 15.000 per dessert box.

Alternatif lainnya, kamu bisa memulai bisnis dessert box dengan modal langsung sebesar Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta saja. Modal tersebut kamu gunakan untuk membeli bahan-bahan, seperti coklat, mentega, susu cair, bubuk agar-agar, tepung maizena, dan box untuk wadah dessert-nya.

Semua bahan di atas tentu tidak akan habis untuk satu dessert box saja. Jika kamu menjual dessert box dengan ukuran 10×10 senilai Rp 80 ribu (modal kotor Rp 60 ribu) dengan modal Rp 600 ribu saja, maka kamu akan dapat untung bersih sekitar Rp 200 ribu. Enak banget kan?(*)

Editor
Komentar
Banner
Banner