Sport

Imbas Jaket Balap Terbuka di MotoGP Catalunya, Fabio Quartararo Dihukum Lagi

apahabar.com, JAKARTA – Terjadi perubahan hasil MotoGP Catalunya dan klasemen pebalap, menyusul hukuman tambahan yang diterima…

Featured-Image
Fabio Quartararo berusaha menutup lagi jaket balap yang terbuka di lap-lap akhir MotoGP Catalunya. Foto: MotoGP

bakabar.com, JAKARTA – Terjadi perubahan hasil MotoGP Catalunya dan klasemen pebalap, menyusul hukuman tambahan yang diterima Fabio Quartararo.

MotoGP Catalunya yang berlangsung, Minggu (6/6), dimenangi Miguel Oliveira. Ini merupakan kemenangan perdana pebalap KTM Tech 3 itu di MotoGP 2021.

Di sisi lain, MotoGP Catalunya kurang sesuai harapan Fabio Quartararo. Padahal rider Monster Energy Yamaha ini memulai balapan dari posisi terdepan.

Fabio Quartararo sempat turun ke posisi lima di lap-lap awal, setelah melebar dalam usaha menyalip Miguel Oliveira.

Lantas di paruh akhir balapan, ban motor Fabio Quartararo mengalami keausan lebih cepat, lantaran dipaksa ekstra keras menyalip pembalap lain.

Memasuki 3 lap terakhir ketika Miguel Oliveira mulai menjauh dari kejaran, Fabio Quartararo membuat kesalahan lain lantaran tak sengaja memotong tikungan 1 dan 2.

Insiden tersebut membuat Fabio Quartararo mendapat penalti 3 detik. Kendati finis ketiga dalam balapan, posisi akhir pebalap 22 tahun itu diturunkan ke peringkat empat.

Belakangan hukuman untuk Fabio Quartararo bertambah. Penyebabnya adalah sengaja melepas pelindung dada dan membalap dengan kondisi jaket terbuka di lap terakhir.

Quartararo disinyalir tidak menutup resleting jaket balap dengan rapat, sehingga melorot sendiri akibat terpaan angin.

Keputusan Race Direction membiarkan Fabio Quartararo berlomba dengan kondisi tersebut, mengundang kritik dari berbagai pihak.

Padahal regulasi MotoGP mengatur bahwa pebalap harus mengenakan perlengkapan keselamatan, termasuk jaket balap dengan benar.

Pun semua pebalap yang finis di podium MotoGP Catalunya, sepakat agar Fabio Quartararo seharusnya mendapat bendera hitam alias harus meninggalkan lintasan.

“Ketika berada di posisi , seorang pebalap terkadang tidak memikirkan keselamatan sendiri atau orang lain. Hal seperti itulah yang harus diawasi,” celetuk Jack Miller seperti dilansir BolaSport.

Race Direction akhirnya menerima kritikan itu. Mereka tidak mendiskualifikasi, tetapi kembali menghukum Fabio Quartararo dengan penalti 3 detik.

Akibat total hukuman penalti 6 detik, Fabio Quartararo dinyatakan finis di posisi keenam di MotoGP Catalunya.

Perubahan ini memang tidak membuat Fabio Quartararo tergeser dari puncak klasemen. Namun keunggulan El Diablo atas Johann Zarco di peringkat kedua, berkurang dari 17 poin menjadi 14 poin.

Fabio Quartararo sendiri menyangkal telah sengaja membuat jaket balap terbuka, sekaligus kecewa dengan dua penalti 3 detik.

“Saya tidak memahami penyebab baju balap saya terbuka. Saya sudah berusaha menutup lagi, tetapi tidak berhasil,” papar Quartararo.

“Hukuman penalti 3 detik pertama sebenarnya sudah cukup. Faktanya balapan sudah usai dan kami finis dengan aman. Rasanya pembicaraan kemungkinan yang membahayakan tidak berguna lagi,” tandasnya.

Berikut hasil MotoGP Catalunya 2021, setelah penalti 6 detik yang dijatuhkan kepada Fabio Quartararo:

1. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
2. Johann Zarco (Pramac Racing)
3. Jack Miller (Ducati Lenovo Team)
4. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)
6. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
7. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)
8. Brad Binder (Red Bull KTM)
9. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT)
10. Enea Bastianini (Esponsorama Avintia)
11. Alex Marquez (LCR Honda)
12. Luca Marini (SKY VR46 Avintia)
13. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
14. Jorge Martin (Pramac Racing)
15. Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini)



Komentar
Banner
Banner