Sport

Imbas Invasi ke Ukraina, Final Liga Champions dan Formula 1 Batal Digelar di Rusia

apahabar.com, SOCHI – Sejumlah hajatan besar olahraga batal berlangsung di Rusia, termasuk final Liga Champions 2021/2022…

Featured-Image
Imbas invasi Rusia ke Ukraina, GP F1 Rusia di Sirkuit Socchi dipastikan batal. Foto: F1I

bakabar.com, SOCHI – Sejumlah hajatan besar olahraga batal berlangsung di Rusia, termasuk final Liga Champions 2021/2022 dan GP Formula 1.

Sebagaimana diketahui, Rusia tengah menggelar invasi ke wilayah Ukraina. Operasi militer tersebut membuat sejumlah instalasi publik lumpuh dan menelan korban jiwa.

Hal itu pun berdampak kepada penyelenggaraan final Liga Champions 2021/2022 yang sedianya digelar di Stadion Gazprom Arena, Saint Petersburg, Rusia.

Untuk menghindari situasi tambah memanas, UEFA memutuskan untuk memindahkan pertandingan ke Prancis, tepatnya Stade de France di Saint Denis.

Keputusan tersebut dibuat setelah Komite Eksekutif UEFA mengadakan pertemuan luar biasa di Nyon, Swiss, Jumat (25/2).

Meski venue final dipindahkan, jadwal final kompetisi paling bergengsi antar klub-klub Benua Biru ini tidak berubah. Pertandingan final tetap dilaksanakan 28 Mei 2022.

“Komite Eksekutif UEFA memutuskan untuk memindahkan final Liga Champions 2021/2022 dari Saint Petersburg ke Stade de France di Saint-Denis,” demikian pernyataan resmi UEFA, Sabtu (26/2).

Selain pemindahan venue final, semua klub serta Timnasional Rusia dan Ukraina diminta untuk menggelar pertandingan kandang di tempat netral.

Pertandingan Liga Champions 2021/2022 sendiri baru melangsungkan leg pertama babak 16 besar. Masih tersisa waktu sekitar tiga bulan kedepan sampai partai final digelar.

Sebelumnya Formula 1 dan Federasi Autosport Internasional (FIA) membatalkan GP Rusia 2022 yang sedianya akan digelar 25 September 2022 di Sochi.

“Formula 1 dan FIA mengunjungi negara-negara di seluruh dunia dengan visi positif untuk menyatukan orang, menyatukan bangsa,” demikian keterangan resmi di laman resmi F1, Kamis (24/2).

“Kami menyaksikan perkembangan di Ukraina dengan kesedihan, keterkejutan dan harapan untuk penyelesaian yang cepat dan damai. Putusan pembatan diambil semua pemangku kepentingan terkait,” tutup keterangan tersebut.

Seri pertama F1 2002 digelar 18 hinggga 20 Maret di Bahrain. Sekarang semua pebalap sedang menjalani sesi uji coba pramusim di Barcelona.



Komentar
Banner
Banner