Tak Berkategori

Iduladha 1440 H, Kaltim Surplus Hewan Kurban

apahabar.com, SAMARINDA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak-Keswan) Kaltim memastikan stok hewan kurban, baik sapi…

Featured-Image
Ilustrasi hewan kurban. Foto-Istimewa

bakabar.com, SAMARINDA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak-Keswan) Kaltim memastikan stok hewan kurban, baik sapi maupun kambing aman dan cukup tersedia.

“Insyaallah, stok sapi dan kambing untuk warga Kaltim dalam menghadapi Hari Raya Iduladha 1440 H sudah disiapkan. Bahkan stok hewan kurban mencukupi dari prediksi kebutuhan,” kata Kepala Disnak dan Keswan Kaltim Dadang Sudarya, dikutip bakabar.com dari laman resmi Humas Pemprov, Kamis.

Meski mencukupi, namun beberapa pedagang hewan kurban masih tetap mendatangkan sapi dari luar daerah Kaltim. Stok daging sapi dijamin berlimpah dan tak akan terjadi kekurangan.

“Kita akan membentuk tim kesehatan hewan kurban untuk memantau dan memeriksa kesehatan sapi-sapi yang didatangkan para pedagang dari luar Kaltim. Apakah sapi atau hewan kurban sudah layak atau belum untuk dijadikan hewan kurban,” tandas Dadang.

Selain itu tim kesehatan juga akan aktif mendatangi tempat-tempat pemotongan di masjid-masjid.

Hal ini penting untuk memastikan kesehatan daging hewan kurban yang sudah potong atau disembelih.

“Tim kesehatan akan mendatangi tempat-tempat pemotongan hewan kurban untuk memastikan daging hewan yang dipotong memang terbebas dari berbagai penyakit sebelum dibagi-bagikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dadang mengimbau para pedagang yang mendatangkan sapi dari luar Kaltim untuk menggunakan tempat-tempat yang sesuai dan semestinya. Jangan sembarang tempat, karena dapat mengganggu keindahan, kebersihan dan ketertiban umum.

“Gunakanlah tempat yang sesuai seperti di lahan-lahan kosong, jangan menganggu lalu lintas, serta selalu menyiapkan pakan ternak dan minumnya, sehingga kesehatan sapi dapat terjamin,” pesan Dadang.

Baca Juga: Dermawan Berqurban : Semangat Meraih Takwa dan Bahagiakan Dunia

Baca Juga: Harga Sapi Naik, Minat Umat Islam Berkurban di Sampit Tetap Tinggi

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner