Tak Berkategori

Ibnu Sina Pantau Suasana Pelabuhan Trisakti

apahabar.com, BANJARMASIN – Lonjakan penumpang terjadi di Pelabuhan Trisaksi Banjarmasin. Para pemudik dari berbagai wilayah yang…

Featured-Image
Penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin mulai mengalami peningkatan. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Lonjakan penumpang terjadi di Pelabuhan Trisaksi Banjarmasin. Para pemudik dari berbagai wilayah yang hendak mudik ke Surabaya, Jawa Timur lebih memilih menggunakan kapal laut ketimbang naik pesawat.

Kenyataan ini diakui Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina saat menyapa penumpang dalam rangka mengecek Posko Terpadu Arus Mudik Pelabuhan Trisaksi pada H-4 lebaran, Sabtu (1/6).

“Pada H-4 lebaran penumpang di Pelabuhan Trisaksi meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Penyebabnya karena harga tiket pesawat mahal, yang sekarang 1 tiket pesawat bisa membeli 6 kursi kapal laut,” terang Ibnu kepada awak media.

Dari data yang dihimpun, Ibnu menyampaikan bahwa tahun 2018 pengunjung yang mudik menggunakan jasa kapal laut sekitar lima ribuan.

Sementara tahun 2019 pada waktu yang H-5 lebaran tercatat sudah mencapai 11 ribu pengunjung.

“Jumlah penumpang itu meningkat dua kali lebih dibandingkan tahun sebelumnya,” ucapnya.

Menurut Ibnu, penumpang yang menggunakan kapal laut pada arus mudik ini rata-rata merupakan pengguna kapal terbang pada arus mudik tahun 2018.

Lantaran tiket pesawat yang mengalami peningkatan, makanya penumpang lebih condrong mengarah kepada kapal laut saat arus mudik lebaran.

Kenaikan jumlah penumpang itu, lanjut Ibnu juga berdampak kepada petugas Posko Terpadu gabungan yang bermukim di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Mereka berkewajibkan kerja keras melakukan pengawasan terhadap lonjakan penumpang.

“Mudahan mudahan arus mudik ini aman dan tentram. Sekaligus pemerintah wajib melayani penumpang agar selamat dan bertemu keluarga pada arus mudik,” ungkapnya.

Dalam kunjungan, Wali Kota Banjarmasin ditemani Dandim 1007/Banjarmasin, Kapolresta Banjarmasin, Ketua DPRD Banjarmasin, Pelindo III, KSOP, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Baca Juga: Cerita di Balik Ratusan Pemudik Padati Pelabuhan Trisakti

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Komentar
Banner
Banner