World Car Of The Year 2023

Hyundai Ioniq 6 Sabet Penghargaan Mobil Terbaik Dunia 2023

Hyundai Ioniq 6 dinobatkan World Car of the Year, World Electric Vehicle dan World Car Design of the Year dari New York International Auto Show 2023.

Featured-Image
Hyundai Ioniq 6 dinobatkan sebagai mobil terbaik dunia 2023. Foto: dok. Engadget/Hyundai

bakabar.com, JAKARTA - Hyundai Ioniq 6 Electrified Streamliner dinobatkan World Car of the Year, World Electric Vehicle, dan World Car Design of the Year dari New York International Auto Show (NYIAS) 2023.

Ioniq 6 mendapat penghargaan dari panel juri yang terdiri dari 100 jurnalis di 32 negara karena desain aerodinamisnya yang unik serta jarak tempuh yang luar biasa dari model kendaraan all-electric.

Ini adalah kali kedua Hyundai meraih tiga penghargaan sekaligus di World Car Awards. Tahun lalu, panel juri juga menetapkan Ioniq 5 sebagai pemenang di tiga kategori yang sama.

"Penghargaan ini memperkuat komitmen kami untuk menjadi pemimpin global dalam elektrifikasi kendaraan dan akan memperluas upaya kami sebagai penyedia solusi mobilitas cerdas," kata Jaehoon Chang, President and CEO Hyundai Motor Company dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Baca Juga: Hyundai Hadirkan Promo Khusus Bulan Ramadan, Ada Cashback hingga Bensin Gratis

Model kedua dari jajaran Ioniq ini membenamkan teknologi Electric-Global Modular Platform (E-GMP) yang menawarkan kemampuan pengisian daya ultra-fast 800-V.

Mobil listrik ini dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen hanya dalam 18 menit serta interior yang lapang.

Dengan drag coefficient (indeks hambatan) yang sangat rendah, hanya 0,21, mobil ini diklaim menjadi salah satu electric vehicle (EV) paling aerodinamis dan hemat energi di pasaran.

Berdasarkan hasil Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP), jarak tempuhnya mencapai 614 km dalam satu kali pengisian daya.

Baca Juga: Hyundai Ajak Konsumen Ikut Kompetisi Berhadiah, Lihat Syaratnya

Hasil uji WLTP juga menunjukkan model 2WD standar IONIQ 6 dengan ban 18 inci mampu mencapai konsumsi energi sebesar 13,9 kWh/100 km.

Ioniq 6 pun dibekali berbagai fitur seperti teknologi Vehicle-to-Load (V2L), driver assistance systems dan advanced connectivity dengan pembaruan software over-the-air (OTA).

Wheelbase sepanjang 2.950 mm dimaksimalkan untuk menghadirkan interior lapang dan ergonomis, yang dilengkapi serangkaian fitur seperti Dual Color Ambient Lighting, Speed Sync Lighting, EV Performance Tune-up, dan Electric Active Sound Design (e-ASD).

"Kami selalu ingin terhubung dengan pelanggan secara emosional, dan dengan desain Ioniq 6, kami telah menciptakan sesuatu yang benar-benar unik," kata SangYup Lee, Executive Vice President and Head of Hyundai Global Design Center.

Baca Juga: Mobile Charging Hyundai Ada di Medan, Bantu saat Kehabisan Baterai EV

Ioniq 6 juga telah memenangkan penghargaan bergengsi lainnya seperti ‘Saloon of the Year’ pada GQ Car Awards 2023 dan ‘New Car of the Year’ yang diselenggarakan Le Guide de l’auto.

Mobil listrik Hyundai ini juga meraih predikat peringkat keamanan bintang lima dan ‘Best in Class’ pada kategori ‘Large Family Car’ (Mobil Keluarga Berukuran Besar) dari Euro NCAP.

Kesuksesannya pada tahun ini akan mendorong upaya Hyundai Motor Company dalam mengakselerasi strategi elektrifikasinya dan menjadi produsen kendaraan listrik terdepan di dunia.

Sampai 2030, Hyundai Motor berencana untuk memperkenalkan 17 BEV model baru, termasuk model dari luxury brand Genesis, dan meningkatkan penjualan BEV global tahunan menjadi 1,87 juta unit.

Editor
Komentar
Banner
Banner