Formula 1

Honda Jalin Kemitraan dengan Aston Martin pada Balap F1 Tahun 2026

Honda siap bekerja sama dengan Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team untuk musim balap Formula 1 (F1) tahun 2026.

Featured-Image
Honda mengumumkan kemitraan dan dukungan teknis pada Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team. Foto: dok. Honda

bakabar.com, JAKARTA - Honda siap bekerja sama dengan Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team untuk musim balap Formula 1 (F1) tahun 2026.

Pada 2026, F1 akan mengimplementasikan regulasi teknis baru yang mengharuskan mesin dan motor elektrik masing-masing menghasilkan rasio daya maksimum sebesar 50/50.

Peran dari Energy Recovery System (ERS) semakin penting di mana komponen ini menghasilkan tenaga tambahan untuk daya pada mesin.

Selain itu juga penggunaan bahan bakar terbarukan akan mulai diberlakukan.

Baca Juga: Honda Tawarkan WR-V dengan Transmisi Manual, Harga Rp269 Jutaan

Toshihiro Mibe, President & CEO Honda Motor Co., Ltd mengatakan bahwa keputusan untuk mengambil tantangan baru di ajang balap F1 adalah sejalan dengan tujuan Honda.

"F1 juga sedang menuju netralitas karbon, dan itu akan menjadi platform yang akan memfasilitasi pengembangan teknologi elektrifikasi kami," ujar Mibe dalam siaran persnya, Jumat (26/5).

Dengan peraturan baru pada 2026, Mibe mengatakan bakal berusaha membangun perangkat mesin dan motor listrik yang ringkas, ringan, dan berdaya tinggi.

"Hal ini kami percaya bisa diterapkan langsung ke kendaraan listrik produksi massal kami di masa depan," terangnya.

Baca Juga: Toyota, Daihatsu dan Suzuki Kolaborasi Bikin Mobil, Saingi Mitsubishi Honda

Lawrence Stroll, Executive Chairman Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team mengatakan melalui kemitraan ini, pihaknya akan saling berbagi dorongan, tekad serta ambisi untuk berhasil di jalur yang benar.

"Honda adalah perusahaan global yang sukses dalam olahraga balap sejak dulu dan sangat mengesankan," imbuhnya.

Di sisi lain, Koji Watanabe, President Honda Racing Corporation (HRC) menjelaskan bahwa pihaknya telah membangun kembali HRC untuk mempertahankan dan mengembangkan aktivitas olahraga motorsport.

"Kami akan membangun struktur operasional yang berkelanjutan untuk kegiatan balap kami dan terus memberikan lebih banyak mimpi dan kegembiraan bagi penggemar olahraga motorsport di seluruh dunia," kata dia.

Selain bermitra dengan Aston Martin, pada musim balap F1 2023-2025, Honda menyediakan power unit untuk Red Bull Group (Oracle Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri).

Editor
Komentar
Banner
Banner