Pemilu 2024

Hingga Mei, Elektabilitas Ganjar Unggul di Sejumlah Lembaga Survei

Elektabilitas calon presiden yang diusung oleh PDIP, PPP, dan Hanura hingga awal Mei masih menempati urutan teratas dibeberapa lembaga survei.

Featured-Image
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memantau situasi arus mudik Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (18/4). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Elektabilitas calon presiden yang diusung oleh PDIP, PPP, dan Hanura hingga awal Mei masih menempati urutan teratas dibeberapa lembaga survei.

Berdasarkan hasil survei Charta Politika, Ganjar Pranowo berada diurutan nomor satu dengan elektabilitas tertinggi sebesar 34.6%. Kemudia disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subiantodengan elektabilitas sebesar 28.1%.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengekor di urutan ketiga dengan raihan elektabilitas sebesar 21.4%. Selanjutnya, 4.8% responden mendukung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jika pilpres dilakukan saat ini.

Baca Juga: Survei: Pemilih Tidak Puas Kinerja Jokowi Cenderung Dukung Prabowo

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menempati urutan kelima dengan dukungan sebesar 1.5%. Disusul Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono masing-masing sebesar 1.3% dan 0.9%.

Terakhir, Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto mencatatkan elektabilitas sebesar 0.7%. 

Survei tersebut melibatkan 1.220 responden di Indonesia dengan metode multistage random sampling pada 2-7 Mei 2023. Survei ini memiliki tingkat margin of error sekitar ±2,82% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Lebih Dipercaya Lanjutkan Program Jokowi

Charta Politika melakukan survei tersebut dengan mensimulasikan 10 nama capres. Secara lengkap, survei elektabilitas Charta Politika untuk kandidat capres adalah sebagai berikut:

1. Ganjar Pranowo: 34,6 persen

2. Prabowo Subianto: 28,1 persen

3. Anies Baswedan: 21,4 persen

4. Ridwan Kamil: 4,8 persen

5. Sandiaga Uno: 1,5 persen

6. Erick Thohir: 1,3 persen

7. Agus Harimurti Yudhoyono: 0,9 persen

8. Airlangga Hartarto: 0,7 persen

9. Khofifah Indar Parawansa: 0,5 persen

10. Puan Maharani: 0,4 persen.

Survei SMRC

Berbeda dengan Charta Politika, di survei SMRC terdapat nama Jokowi yang menempati urutan ke empat, dengan elektabilitas sebesar 4%

Sebanyak 4% responden memilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden jika pemilu dilakukan saat ini. Kemudian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih 2,7% suara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menko Polhukam Mahfud MD memiliki elektabilitas masing-masing sebesar 1,1% dan 0,8%. Adapun, Menteri BUMN Erick Thohir mencatatkan elektabilitas sebesar 0,4%.

Baca Juga: Reaksi Surya Paloh soal Survei Anies di Bawah Prabowo-Ganjar

Survei SMRC dilakukan dengan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka terhadap 1.020 responden pada 30 April-7 Mei 2023. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini diperkirakan sebesar ±3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Editor


Komentar
Banner
Banner