Pemilu 2024

Survei SMRC: Ganjar Lebih Dipercaya Lanjutkan Program Jokowi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai menjadi figur bakal calon presiden potensial yang dipercaya akan melanjutkan program Presiden Jokowi.

Featured-Image
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah sekaligus capres PDIP Ganjar Pranowo meninggalkan Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4). FOTO/Setpres

bakabar.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai menjadi figur bakal calon presiden potensial yang dipercaya akan melanjutkan program Presiden Jokowi.

Hal ini merujuk dalam survei SMRC bertajuk 'Keberlanjutan vs Perubahan: Persepsi Pemilih Kritis' yang dirilis, Selasa (9/5).

Survei didapat dari pendapat publik yang memotret tiga kandidat calon presiden yang akan melanjutkan atau mengubah kebijakan yang dicanangkan Jokowi.

Baca Juga: Warga Bentangkan Protes 'Save Wadas' Saat Ganjar Kunjungi Magelang

SMRC melakukan survei medio 2-5 Mei mencatatkan sebanyak 58 persen menilai Ganjar Pranowo akan melanjutkan program Jokowi, sedangkan 22 persen menganggap Ganjar akan mengubah kebijakan Jokowi. Lalu 19 persen lainnya belum terjawab.

Sementara untuk penilaian Prabowo berupa 36 persen akan melanjutkan, 39 persen mengubah dan 25 persen belum terjawab.

Baca Juga: Anies Baswedan Mulai Bernyali Jadi Antitesa Jokowi

Lalu terhadap figur Anies, SMRC menyatakan bahwa 47 persen Anies berpeluang mengubah kebijakan Jokowi. Lalu 27 persen melanjutkan program Jokowi, dan terpaut tipis 26 persen belum menjawab.

Untuk itu, SMRC menilai Ganjar menjadi kandidat paling konsisten untuk melanjutkan kebijakan Jokowi, sedangkan Anies dinilai akan lebih banyak mengubah kebijakan Jokowi.

Sementara, posisi Prabowo ditengarai berada di tengah-tengah. 

Pemilihan sampel dalam survei tersebut dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD).

RDD merupakan teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telpon yang dilakukan secara acak.

Sekitar 925 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telpon secara acak, validasi dan screening.

Editor


Komentar
Banner
Banner