Kalsel

Heboh Penampakan Buaya di Semangat Dalam Batola, Cek Faktanya

apahabar.com, MARABAHAN – Warga Kecamatan Alalak, terutama yang tinggal di Desa Semangat Dalam, Barito Kuala, dibikin…

Featured-Image
Rekaman layar video yang memperlihatkan penampakan seekor buaya di Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak. Foto: Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN – Warga Kecamatan Alalak, terutama yang tinggal di Desa Semangat Dalam, Barito Kuala, dibikin gusar akibat video penampakan seekor buaya, Minggu (24/1).

Video berdurasi 17 detik tersebut tersebar di sejumlah WhatsApp Group warga. Terlihat si pembuat video berada di jalan sebuah kompleks yang tergenang banjir.

Sekonyong-konyong muncul sosok hitam yang mengambang di atas air. Oleh si pembuat video, sosok itu disebut buaya.

“Ya Allah… Buaya ganalnya (besarnya). Ya Allah… Buaya ganalnya (besarnya). Buaya di Semangat Dalam nah,” demikian suara yang terekam dalam video.

“Hati-hati lah anak-anak lah. Yang bisa nyebur, hati-hati lah,” tambah suara si pembuat video dengan nada serius.

Sontak video itu menjadi perhatian sejumlah relawan yang berada di sekitar Semangat Dalam. Mereka langsung mengecek kawasan yang memiliki kemiripan dengan situasi dalam video.

Setelah melakukan pengecekan, mereka memastikan video tersebut tidak benar. Pun masyarakat sekitar, belum mengetahui keberadaan buaya.

“Beberapa rekan langsung mengecek ke daerah tersebut. Ternyata tidak ditemukan apapun,” jelas Muhammad Fajar, anggota Emergency 4444 Banjarmasin.

“Namun belum diketahui pembuat dan tujuan mengedarkan video hoaks yang meresahkan masyarakat tersebut,” sambungnya.

Sementara Kapolsek Berangas, Ipda Iman Juana, juga belum mendapatkan laporan tentang kemunculan buaya di Semangat Dalam.

Semangat Dalam sendiri merupakan kawasan terdampak banjir parah di Alalak. Kedalaman air bahkan hingga mencapai pinggang orang dewasa.

Namun seiring pembersihan Sungai Handil Bakti, penyedotan air yang dilakukan relawan dan penurunan curah hujan, banjir perlahan mulai menurun hingga lutut.



Komentar
Banner
Banner