Kesehatan Anak

Hati-hati! Imunitas Anak-anak Lebih Rentan Saat Musim Hujan

Imunitas tubuh anak-anak lebih rentan saat memasuki musim hujan. Orangtua perlu mengantipasi dengan sejumlah cara agar anak-anak tidak mengalami sakit.

Featured-Image
Ilustrasi anak-anak batuk. (Foto: Shutterstock)

bakabar.com, JAKARTA – Imunitas tubuh anak-anak menjadi lebih rentan di tengah musim hujan. Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya infeksi dengan gejala munculnya batuk dan pilek.

Hal itu diungkapkan Dokter Spesialis Anak RS Sari Asih Karawaci Kota Tangerang dr. Iqbal Zein Assyidiqie. Ia mengingatkan kepada orangtua untuk mengatisipasi anak-anak agar tidak mudah sakit dengan menjaga kebersihan tangan.

“Diutamakan dengan menggunakan sabun. Jika tidak ada, bisa menggunakan hand sanitizer,” katanya seperti dilansir Antara, Senin (7/11).

Langkah Antisipasi

Selain menjaga kebersihan tangan, orangtua juga perlu mengajarkan etika batuk dan bersin dengan cara menutup tangan dan hidung. Adapun jika bersih perlu ditutup dengan sapu tangan dan tisu atau lengan siku.

Sedangkan langkah antisipasi lainnya, anak-anak perlu memakai masker terutama saat berada di tengah keramaian. Selain antisipasi melalui gaya hidup, anak-anak juga perlu diberikan nutrisi yang seimbang, cairan yang cukup, serta isitirahat yang cukup agar menjaga daya tahan tubuh lebih optimal.

Baca Juga: BMKG: Sejumlah Kota Besar Indonesia Berpotensi Hujan

Baca Juga: BMKG Ingatkan Jakarta akan Hujan Siang dan Sore

“Jika diperlukan, bisa diberikan suplemen vitamin. Untuk vitamin apa yang terbaik untuk diberikan, bisa konsultasikan kepada dokter atau fasilitas kesehatan terdekat,” paparnya,

Iqbal menambahkan bagi orang dewasa, perubahan cuaca bagi tubuh bisa cepat beradaptasi karena imunitas tubuh yang sudah terbentuk dengan baik.

“Namun untuk bayi, perubahan cuaca sangat rentan bagi kondisi tubuh. Sebab, cuaca yang dingin dan lembab memicu kuman menjadi lebih berkembang sehingga mudah menyerang tubuh anak,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner