Sport

Hasil MotoGP Valencia: Francesco Bagnaia Juara Dunia

Disaksikan 170.380 penonton di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11), Francesco Bagnaia resmi menjadi juara dunia MotoGP 2022. Adapun seri pamungkas ini dimenang

Featured-Image
Francesco Bagnaia menjadi juara dunia MotoGP 2022, setelah mengatasi perlawanan Fabio Quartararo sepanjang musim. Foto: SportStar

bakabar.com, VALENCIA - Disaksikan 170.380 penonton di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11), Francesco Bagnaia resmi menjadi juara dunia MotoGP 2022. Adapun seri pamungkas ini dimenangi Alex Rins.

Balapan berlangsung ketat sejak awal. Alex Rins mencuri perhatian dengan langsung memimpin selepas start, diikuti Marc Marquez dan Jorge Martin.

Sedangkan Francesco Bagnaia yang start dari urutan delapan, menempati urutan enam selepas lap pertama. Di sisi lain, Fabio Quartararo mendukung peringkat keempat.

Bagnaia dan Quartararo sempat berduel wheel to wheel di lap 2. Mereka bahkan sempat bersenggolan dan membuat winglet kanan motor Bagnaia patah.

Selanjutnya hingga lap 3, mereka beriringan dengan Francesco Bagnaia menempati peringkat lima sementara. Baru satu lap berselang, Fabio Quartararo berhasil melakukan overtaking.

Sementara di barisan depan, Alex Rins masih memimpin diikuti Jorge Martin, Marc Marquez dan Jack Miller. Jarak keempat pembalap masih terbilang rapat.

Memasuki lap 5, Quartararo mulai menjauhi Bagnaia. Dalam waktu bersamaan, Aleix Espargaro harus masuk garasi lebih awal akibat masalah teknis dan tidak kembali lagi ke lintasan.

27 lap tersisa, Bagnaia kehilangan peringkat keenam lantaran disalip Brad Binder. Posisi ini masih terbilang aman, karena pembalap Ducati Lenovo tersebut unggul 21 poin atas Quartararo.

Tepat di lap 10, kesialan menimpa Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda ini terjatuh di tikungan 8. Keuntungan pun diperoleh Quartararo yang naik ke posisi empat sementara.

4 lap berselang, posisi Bagnaia melorot satu peringkat ke urutan tujuh akibat disalip Joan Mir. Kecepatan Bagnaia mulai merosot, setelah berturut-turut disalip Miguel Oliveira di lap 17, serta Luca Marini di lap 19.

Untungnya Fabio Quartararo juga kehilangan posisi keempat. Brad Binder berhasil melakukan overtake, setelah dua kali mencoba.

6 lap tersisa, Alex Rins cukup nyaman memimpin di depan diikuti Jorge Martin, Jack Miller, Brand Binder dan Fabio Quartararo.

Kemudian Miguel Oliveira, Luca Marini, Enea Bastianini, Francesco Bagnaia, serta Franco Morbidelli di jajaran sepuluh besar. Adapun Joan Mir out dan gagal melanjutkan balapan.

Memasuki lap 23, Jack Miller mengalami kecelakaan di tikungan 11. Fabio Quartararo pun naik ke urutan empat, sedangkan Brad Binder melejit ke peringkat tiga.

Kemudian di lap 26, Brand Binder mampu menyalip Jorge Martin untuk mengambialih peringkat kedua. Namun jarak dengan Alex Rins sudah 0,708 detik.

Hingga balapan berakhir, Alex Rins tetap berada di depan diikuti Brad Binder, Jorge Martin, Fabio Quartararo, Miguel Oliveira, Luca Marini, Enea Bastianini, Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli dan Marco Bezecchi di jajaran sepuluh besar.

Meski finis kedelapan, Francesco Bagnaia akhirnya berhak atas gelar juara dunia MotoGP 2022. Dalam klasemen akhir pembalap, pria kelahiran Italia ini unggul 17 atas Fabio Quartararo di peringkat kedua.

Editor


Komentar
Banner
Banner