Sport

Hasil MotoGP Prancis: Direcoki Hujan, Jack Miller Juara, Marc Marquez Out

apahabar.com, PARIS – Pebalap Ducati Lenovo, Jack Miller, sukses meraih back to back champions seusai menjuarai…

Featured-Image
Jack Miller memenangi MotoGP Prancis yang sempat diwarnai hujan dan penggantian motor. Foto: CNN

bakabar.com, PARIS – Pebalap Ducati Lenovo, Jack Miller, sukses meraih back to back champions seusai menjuarai MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti, Minggu (16/5).

Jack Miller yang sebelumnya menjuarai MotoGP Spanyol, langsung melesat ke depan begitu lampu start menyala. Diikuti Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Takaaki Nakagami, Marc Marquez dan Aleix Espargaro.

Franco Morbidelli menjadi pebalap pertama yang gagal melanjutkan balapan. Setelah kehilangan kendali dan keluar lintasan, pebalap Petronas Yamaha ini terjatuh.

Aksi apik diperlihatkan Alex Rins. Start dari luar sepuluh besar, pebalap Ecstar Suzuki ini mampu menempel Marc Marquez di urutan kelima.

Malah di lap 4, Alex Rins menempati urutan keempat seusai menyalip Takaaki Nakagami dan Maverick Vinales.

Memasuki lap 5, bendera putih dikibarkan tanda hujan mulai turun dan pebalap dapat mengganti motor. Lantas satu per satu pebalap masuk pit.

Marc Marquez memimpin balapan yang dimulai ulang, diikuti Fabio Quartararo. Nasib apes dialami Joan Mir yang terjatuh di tikungan pertama dan gagal melanjutkan balapan.

Posisi pebalap sepuluh besar di lintasan setelah restart adalah Jack Miller, Takaaki Nakagami, Johann Zarco, Alex Marquez, Pol Espargaro, Aleix Espargaro, Valentino Rossi dan Francesco Bagnaia.

Namun di lap 9, Marc Marquez mengalami high side di tikungan dan kehilangan posisi terdepan. Untungnya pebalap Repsol Honda ini masih mampu melanjutkan balapan.

Fabio Quartararo kembali memimpin, diikuti Jack Miller dengan selisih 0,445 detik. Takaaki Nakagami di urutan ketiga tertinggal cukup jauh hingga 12,560 detik.

Jack Miller yang menggunakan variasi ban depan medium dan ban belakang slick, akhirnya berhasil menelikung Fabio Quartararo di lap 12.

Posisi tiga besar berubah di lap 15. Memanfaatkan kecepatan Ducati Desmosedici di trek lurus, Johann Zarco berhasil menyalip Takaaki Nakagami. Di sisi lain, Alex Rins terjatuh lagi dan langsung out.

Hingga lap 17, urutan pebalap di lintasan adalah Jack Miller Fabio Quartararo, Johann Zarco, Takaaki Nakagami dan Alex Marquez.

Kemudian Danilo Petrucci, Francesco Bagnaia, Pol Espargaro, Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang melengkapi sepuluh besar.

Marc Marquez sebenarnya sudah mampu menempati peringkat kesebelas. Namun di lap 19 atau tersisa 9 lap lagi, juara dunia MotoGP enam kali itu kembali terjatuh dan harus menyelesaikan balapan lebih awal.

8 lap tersisa, cuaca perlahan membaik. Hujan sepenuhnya reda dan matahari perlahan muncul. Dalam situasi ini, Jack Miller masih memimpin dengan keunggulan 6,299 detik atas Fabio Quartararo.

Sebaliknya Fabio Quartararo mulai melambat dan terus didekati Johann Zarco. Malah di lap 22, sekali lagi Johann Zarco memanfaatkan keunggulan power motor untuk menyalip Fabio Quartararo.

Hingga balapan berakhir, Jack Miller tidak tersentuh di posisi terdepan, diikuti Johann Zarco, Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Danilo Petrucci, dan Alex Marquez.

Melengkapi sepuluh besar MotoGP Prancis adalah Takaaki Nakagami, Pol Espargaro, Iker Lecuona dan Maverick Vinales.

Berikut hasil lengkap MotoGP Prancis:

1. Jack Miller (Ducati Lenovo)
2. Johann Zarco (Pramac Ducati)
3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
4. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
5. Danilo Petrucci (KTM Tech3)
6. Alex Marquez (LCR Honda)
7. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)
8. Pol Espargaro (Repsol Honda)
9. Iker Lecuona (KTM Tech3)
10. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha)
11. Valentino Rossi (Petronas Yamaha)
12. Luca Marini (VR46 Avintia Ducati)
13. Brad Binder (Red Bull KTM)
14. Enea Bastianini (Avintia Ducati)
15. Tito Rabat (Pramac Ducati)
16. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)



Komentar
Banner
Banner