Sport

Hasil MotoGP Portugal: Fabio Quartararo Sempurna, Marc Marquez Finis Ketujuh

apahabar.com, JAKARTA – Sempat melakukan kesalahan start, Fabio Quartararo menyempurnakan pole position dengan menjuarai MotoGP Portugal…

Featured-Image
Fabio Quartararo meraih kemenangan kedua di MotoGP 2021. Foto: Otomotifnet

bakabar.com, JAKARTA – Sempat melakukan kesalahan start, Fabio Quartararo menyempurnakan pole position dengan menjuarai MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Minggu (18/4) malam.

Awal balapan Fabio Quartararo kurang mulus, karena terlempar ke urutan enam. Sebaliknya Johan Zarco melesat memimpin balapan, diikuti Alex Rins dan Jack Miller.

Sementara Marc Marquez sempat naik ke urutan keempat. Namun kemudian melorot dua posisi, setelah nyaris terjatuh akibat menyentuh bagian belakang motor Joan Mir yang berhasil menusuk ke peringkat ketiga.

Kesempatan itu lantas digunakan Fabio Quartararo, Jack Miller dan Aleix Espargaro untuk mendekati rombongan terdepan.

Memasuki lap 5, Pol Espargaro harus mengakhiri balapan lebih dini akibat kendala teknis. Tak lama kemudian, Jack Miller mencium gravel, setelah slip di trek lurus.

Sementara di barisan depan, Alex Rina berhasil menyalip Johann Zarco. Tak lama berselang, pembalap Ducati Pramac itu dilewati Fabio Quartararo dan Joan Mir.

Fabio Quartararo akhirnya bisa menempati posisi terdepan, setelah menyalip Alex Rins di lap 9. Pebalap Monster Energy Yamaha itu pun mulai berusaha memperlebar jarak.

Di sisi lain, Marc Marquez tertahan di urutan sembilan dan terlihat cukup kepayahan menjaga ritme. Baby Allien diikuti sang adik Alex Marquez, Luca Marini, dan Valentino Rossi.

Memasuki lap 14, Fabio Quartararo mencetak best lap 1 menit 39,680 detik. Namun Alex Rins di posisi kedua masih berjarak 0,0139 detik.

Masih di lap yang sama, Joan Mir kehilangan posisi ketiga akibat ditelikung Johann Zarco yang mengandalkan kecepatan Ducati Desmosedici GP21 di trek lurus.

Di bagian lain sirkuit, Valentino Rossi harus menyerah akibat terjatuh di lap 15. Posisi jatuh The Doctor sama dengan Jack Miller beberapa lap sebelumnya.

7 lap tersisa, Alex Rins keluar dari balapan. Sesuai mencetak fastest lap, pebalap Suzuki Ecstar itu terjatuh di tikungan menurun. Tak sampai satu lap, Johan Zarco juga out lebih dini.

Praktis Fabio Quartararo semakin nyaman memimpin, sekaligus meninggalkan persaingan perebutan podium kedua antara Joan Mir dan Francesco Bagnaia.

Hingga lap 22, posisi di sirkuit berturut-turut Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Joan Mir, Franco Morbidelli, Brad Binder dan Aleix Espargaro.

Kemudian Marc Marquez, Alex Marquez, Enea Bastianini dan Takaagi Nakagami yang melengkapi sepuluh besar.

Hingga balapan berakhir, komposisi tersebut tidak berubah. Fabio Quartararo pun meraih kemenangan kedua di MotoGP 2021, setelah sebelumnya finis terdepan di seri pembuka di Qatar.

Hasil MotoGP Portugal 2021
1. Fabio Quartararo (Monster Yamaha)
2. Francesco Bagnaia (Lenovo Ducati Team)
3. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
4. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
5. Brad Binder (Red Bull KTM)
6. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)
7. Marc Marquez (Repsol Honda)
8. Alex Marquez (LCR Honda)
9. Enea Bastianini (Avintia Ducati)
10. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)
11. Maverick Viñales (Monster Yamaha)
12. Luca Marini (VR46 Avintia Ducati)
13. Danilo Petrucci (KTM Tech3)
14. Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini)
15. Iker Lecuona (KTM Tech3)
16. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)



Komentar
Banner
Banner