Sport

Hasil MotoGP Inggris: Francesco Bagnaia Juara, Tempel Poin Fabio Quartararo

apahabar.com, SILVERSTONE – Sempat tertekan di lap terakhir, Francesco Bagnaia memenangi MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone,…

Featured-Image
Francesco Bagnaia mememangi MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8). Foto: BolaSport

bakabar.com, SILVERSTONE – Sempat tertekan di lap terakhir, Francesco Bagnaia memenangi MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8).

Awal balapan ditandai aksi Johan Zarco yang mampu mempertahakan posisi pole. Namun pembalap Ducati Pramac ini ditempel ketat Fabio Quartararo.

Sementara Jack Miller mengintip di posisi ketiga, diikuti Francesco Bagnaia, Alex Rins, Maverick Vinales, Aleix Espargaro, Joan Mir, Jorge Martin dan Miguel Oliveira yang melengkapi sepuluh besar.

Memasuki lap 4, Fabio Quartararo harus menjalani long lap penalty akibat menabrak Aleix Espargaro di seri sebelumnya atau MotoGP Belanda 2022.

Ketika kembali ke lintasan, pembalap Monster Energy Yamaha itu turun ke peringkat kelima di belakang Francesco Bagnaia

Ironisnya Johan Zarco yang sedang memimpin balapan, justru terjatuh di lap 5. Imbasnya Jack Miller yang bergantian memimpin, ditempel ketat Alex Rins.

Tak sampai satu lap, Alex Rins berhasil mengambilalih posisi terdepan. Namun posisi rider Suzuki Ecstar ini belum aman, karena masih dalam jangkauan Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Sementara Fabio Quartararo masih tertahan di urutan kelima. Juara MotoGP 2021 ini diapit Jorge Martin dan Maverick Vinales.

Justru di lap 9, Fabio Quartararo harus mengakui kecepatan Aprilia RS yang ditunggangi Maverick Vinales di trek lurus.

Hingga balapan memasuki separuh jalan atau lap 10, Alex Rins masih memimpin diikuti Francesco Bagnaia, Jack Miller, Jorge Martin dan Maverick Vinales di jajaran lima besar.

Kemudian Fabio Quartararo, Joan Mir, Aleix Espargaro, Miguel Oliveira dan Enea Bastianini yang melengkapi sepuluh besar pembalap terdepan.

Francesco Bagnaia akhirnya mampu menelikung Alex Rins di lap 12 untuk mengambil posisi terdepan. 2 lap berselang, giliran Jack Miller yang menyalip Alex Rins.

Joan Mir menjadi pembalap kedua yang harus menyelesaikan balapan lebih cepat. Pembalap Suzuki Ecstar ini terjatuh di tikungan 9, ketika sudah menghuni peringkat enam.

Posisi lima besar berubah di lap 17. Alex Rins tak mampu lagi bertahan di peringkat ketiga, sehingga berturut-turut disalip Maverick Vinales dan Jorge Martin.

Maverick Vinales kemudian melalukan aksi ciamik di di lap 18, ketika menyalip Jack Miller dan mengklaim peringkat kedua.

Di sisi lain, Fabio Quartararo semakin melorot ke peringkat delapan akibat ditelikung Miguel Oliveira di tikungan.

Memasuki lap terakhir, Maverick Vinales terus mengancam Francesco Bagnaia di depan. Namun usaha itu tak berhasil hingga balapan berakhir.

Sementara Jack Miller finis ketiga, diikuti Enea Bastianini, Jorge Martin, Miguel Oliveira, Alex Rins, Fabio Quartararo, Aleix Espargaro dan Marco Berzecchi untuk melengkapi sepuluh besar.

Dengan hasil ini, Francesco Bagnaia masih berada di peringkat ketiga klasemen pembalap, tertinggal 49 poin dari Fabio Quartararo di posis teratas.

Sedangkan Aleix Espargaro tak beranjak dari peringkat kedua klasemen. Rider Aprilia ini tertinggal 22 poin dari pimpinan klasemen.



Komentar
Banner
Banner