Sport

Hasil MotoGP Catalunya 2021: Miguel Oliveira Juara, Quartararo Kena Penalti

apahabar.com, JAKARTA – Aksi brilian ditampilkan Miguel Oliveira yang memenangi MotoGP Catalunya, Minggu (6/6). Penampilan apik…

Featured-Image
Miguel Oliveira memenangi MotoGP Catalunya, setelah tampil konstan sejak lap pertama. Foto: Motorsport

bakabar.com, JAKARTA – Aksi brilian ditampilkan Miguel Oliveira yang memenangi MotoGP Catalunya, Minggu (6/6).

Penampilan apik Miguel Oliveira sudah terlihat sejak balapan yang disaksikan langsung oleh sekitar 20.000 penonton di tribun Sirkuit Catalunya itu.

Pria kelahiran Portugal tersebut langsung menduduki peringkat kedua, sekaligus membuntuti Jack Miller di tikungan pertama.

Sedangkan Fabio Quartararo melorot ke peringkat ketiga, tepat di depan Joan Mir yang melakukan start apik dari urutan sembilan.

Menginjak lap kedua, Fabio Quartararo sudah melakukan kesalahan, sehingga mempermudah Aleix Espargaro dan Joan Mir memperbaiki posisi.

Di sisi lain, Miguel Oliveira juga berhasil mengambil alih posisi terdepan dari Jack Miller. Namun keunggulan pebalap KTM Tech 3 ini masih 0.921 detik atas Jack Miller.

Memasuki lap 5, Marc Marquez menjadi pebalap Honda terbaik lantaran mampu bertahan di urutan keenam atau naik delapan peringkat dari start.

Fabio Quartararo sendiri perlahan mulai memperbaiki posisi. Namun pebalap Monster Energy ini harus bersaing ketat dengan Joan Mir untuk mempertahankan urutan kedua.

Kesialan menimpa Marc Marquez di lap 9. Memasuki tikungan 10, pebalap Repsol Honda ini terjatuh dan balapan pun selesai. Juara dunia MotoGP enam kali itu tak kuasa menahan kekesalan.

Dengan demikian, Repsol Honda tidak menyisakan pebalap di lintasan. Beberapa lap sebelumnya, Pol Espargaro juga terjatuh dan tidak mampu melanjutkan balapan.

Sementara di barisan depan, Fabio Quartararo mulai mendekati Miguel Oliveira. Jarak kedua pebalap hanya 0,394 detik di lap 11 atau 14 lap tersisa.

Akhirnya satu lap berselang, Fabio Quartararo berhasil mengklaim posisi terdepan. Sedangkan Joan Mir di peringkat ketiga, terus diancam Jack Miller dan Johann Zarco.

Miguel Oliveira kemudian kembali ke depan dengan memanfaatkan trek lurus di depan tribun utama. Di bagian lain sirkuit, Aleix Espargaro out akibat terjatuh di tikungan 10.

Tersisa 9 lap, Joan Mir kehilangan dua posisi sekaligus akibat berturut-turut disalip Johann Zarco dan Jack Miller.

Tikungan 10 kembali memakan korban. Giliran Valentino Rossi yang terjatuh dan langsing out di lap 18. Masih di lap yang sama, Iker Lecuona mencium aspal di tikungan 23.

Tersisa 5 lap lagi, Miguel Oliveira masih memimpin balapan dengan keunggulan 0,216 detik atas Fabio Quartararo.

Terlihat kondisi ban Fabio Quartararo cukup banyak terdegradasi. Padahal pebalap berjuluk El Diablo ini memilih kombinasi ban medium dan hard.

Efek degradasi ban terlihat diap di lap 22, karena Fabio Quartararo dapat ditelikung Johann Zarco dan sempat melebar di tikungan menjelang trek lurus.

Kondisi Fabio Quartararo mulai tak menguntungkan, karena bagian wearpack terbuka. Padahal Jack Miller terus menempel dan berusaha melakukan overtake.

Untungnya situasi itu tidak berpengaruh banyak, karena podium ketiga dapat dipertahankan Fabio Quartararo.

Demikian pula Miguel Oliveira yang sukses meraih kemenangan perdana di musim 2021, atau sukses kedua selama berkarir di MotoGP.

Namun belakangan podium ketiga yang diraih Fabio Quartararo dianulir, seiring hukuman penalti 3 detik akibat melintasi jalur hijau.

Selanjutnya posisi itu diserahkan kepada Jack Miller, sedangkan Fabio Quartararo harus puas finis keempat.

Joan Mir akhirnya menyelesaikan balapan di urutan kelima, disusul Maverick Vinales, Francesco Bagnaia, Bran Binder, Franco Morbidelli dan Ennea Bastianini yang melengkapi sepuluh besar.



Komentar
Banner
Banner