Sport

Hasil MotoGP Amerika: Blunder Bagnaia Antar Alex Rins Juara

Blunder Francesco Bagnaia di MotoGP Amerika Serikat, Senin (17/4) dini hari, memuluskan langkah Alex Rins menjadi juara.

Featured-Image
Alex Rins menjuarai MotoGP Amerika Serikat di Circuit Of The Americas, Senin (17/4). Foto: Speedweek

bakabar.com, TEXAS - Blunder Francesco Bagnaia di MotoGP Amerika Serikat, Senin (17/4) dini hari, memuluskan langkah Alex Rins menjadi juara.

Balapan di Circuit Of The Americas tersebut dipenuhi banyak insiden. Lap awal belum rampung, Jorge Martin dan Alex Marquez sudah terlibat kecelakaan.

Martin terjatuh ketika melibas tikungan, kemudian ikut menyapu Alex Marquez yang sedang berada di samping.

Masih di lap awal, Aleix Espargaro juga mengalami kecelakaan ketika melintasi tikungan 12. Pembalap Aprilia ini pun harus out lebih awal.

Sementara Francesco Bagnaia melakukan start apik dan berada di depan Alex Rins. Mereka diikuti Jack Miller yang melesat dari posisi start sepuluh.

Hingga lap 5, Bagnaia dan Alex Rins sudah menjauh dari pembalap-pembalap lain dengan selisih waktu lebih dari 0,7 detik.

Lantas di lap 7, Jack Miller terjatuh dan membat Fabio Quartararo berhasil naik ke posisi ketiga. Namun demikian, pembalap Monster Energy Yamaha ini tertinggal 2 detik lebih dari Bagnaia dan Rins.

Satu lap berselang, kesalahan fatal dilakukan Bagnaia. Pembalap Ducati Lenovo ini terjatuh di tikungan ketiga dan tak bisa melanjutkan balapan.

Seusai insiden itu, Alex Rins mengambil alih posisi terdepan dengan keunggulan di atas 2,3 detik atas Fabio Quartararo.

Joan Mir kemudian menambah deret pembalap yang terjatuh di MotoGP Amerika, tepatnya di lap 9. Disusul Takaaki Nakagami satu lap berselang.

Memasuki 10 lap terakhir, Luca Marini di posisi ketiga terus berusaha menempel Quartararo. Adik sambung Valentino Rossi ini sudah unggul jauh atas rombongan pembalap lain.

Akhirnya Luca Marini berhasil menyusul Fanio Quartararo di lap 13. Sebaliknya Quartararo tak mampu memberikan perlawanan balik, sehingga makin tertinggal dari Marini.

Walau gagal mengamankan posisi kedua, Quartararo dalam posisi cukup aman untuk melindungi podium ketiga.

Adapun Marini kesulitan mengejar Alex Rins yang tampak mulai menurunkan kecepatan. Selisih 3 detik antara Alex Rins dengan Marini tidak berkurang hingga balapan berakhir.

Keberhasilan Alex Rins pun disambut seisi paddock Honda LCR dengan gegap-gempita. Terlebih terselip rekor apik dari kemenangan ini.

Alex Rins menjadi pembalap Honda pertama selain Marc Marquez yang memenangi seri MotoGP, setelah Cal Crutchlow di MotoGP Argentina 2018.

Berkat Alex Rins pula, LCR Honda menggenapkan 100 podium selama berkecimpung di MotoGP.

Adapun podium-podium sebelumnya ditorehkan Lucio Cecchinello yang notabene pemilik LCR Honda, kemudian Noboru Ueda, Hiroyuki Kikuchi, Alex de Angelis, Casey Stoner, Randy de Puniet, Roberto Locatelli, Stefan Bradl, Cal Crutchlow, Xavier Simeon, Miquel Pons dan Eric Granado.

Berikut hasil lengkap MotoGP Amerika 2023:
1. Alex Rins (LCR Honda)
2. Luca Marini (Mooney VR46 Ducati)
3. Fabio Quartararo (Monster Yamaha)
4. Maverick Viñales (Aprilia Factory)
5. Miguel Oliveira (RNF Aprilia)
6. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati)
7. Johann Zarco (Pramac Ducati)
8. Franco Morbidelli (Monster Yamaha)
9. Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati)
10. Augusto Fernandez (Tech3 Gasgas)

Editor


Komentar
Banner
Banner