Sport

Hasil MotoGP Amerika 2022: Enea Bastianini Juara, Marc Marquez Finis Keenam

apahabar.com, AUSTIN – Balapan seru MotoGP America di Circuit Of The Americas, Senin (11/4) dini hari,…

Featured-Image
Enea Bastianini tampil brilian untuk menjuarai MotoGP America 2022 di Circuit Of The Americas, Senin (11/4) dini hari. Foto: MotorSport

bakabar.com, AUSTIN – Balapan seru MotoGP America di Circuit Of The Americas, Senin (11/4) dini hari, berhasil dimenangi Enea Bastianini. Sedangkan Marc Marquez akhirnya dapat finis keenam.

Balapan diawali dengan aksi Jack Miller yang langsung memimpin selepas start, diikuti Jorge Martin, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini dan Fabio Quartararo di lima besar terdepan.

Sebaliknya Marc Marquez melakukan start buruk. Memulai dari urutan sembilan, pebalap Repsol Honda ini terlempar jauh ke urutan belakang akibat kendala teknis.

Memasuki lap 5, barisan penunggang Ducati mulai tak terbendung. Jack Miller masih memimpin dan ditempel Jorge Martin, diikuti Enea Bastianini, Johann Zarco dan Francesco Bagnaina.

Fabio Quartararo yang turun ke urutan keenam, mesti berjuang keras mengatasi perlawanan dua Suzuki Ecstar, Alex Rins dan Joan Mir.

Marc Marquez yang merupakan pengoleksi kemenangan terbanyak di Circuit Of The Americas (COTA), akhirnya sukses menembus jajaran sepuluh besar, setelah menyalip Pol Espargaro di lap 8.

Sementara di barisan depan, Alex Rins berhasil menyelinap ke peringkat lima besar. Seusai menelikung Francesco Bagnaia, pebalap kelahiran Spanyol ini mulai membuntuti Johann Zarco.

Digandeng Kemenparekraf, Gresini Racing Jadi Duta Wonderful Indonesia di MotoGP 2022

Akhirnya di lap 9, Alex Rins mampu melakukan blocked pass untuk menutup jalan Johan Zarco, sekaligus mengklaim peringkat keempat.

9 lap tersisa, Enea Bastianini memanfaatkan kesalahan Jorge Martin di tikungan guna menduduki peringkat dua. Tak lama kemudian, Martin juga ditelikung Alex Rins.

Sedangkan Marc Marquez sudah berada di urutan delapan, tertinggal 1,028 detik dari Fabio Quartararo yang juga mulai mendekati Johann Zarco di peringkat tujuh.

Dalam upaya menempel Quartararo, Marc Marquez berhasil membuat rekor lap tercepat dengan catatan waktu 2 menit 03,553 detik.

Tak sampai satu lap, Marquez berturut-turut melewati Johann Zarco dan Fabio Quartararo untuk mengklaim urutan ketujuh di belakang Francesco Bagnaia.

Di bagian depan, Jack Miller masih mampu bertahan dari tekanan Enea Bastianini. Sebaliknya Alex Rins cukup jauh tertinggal hingga 1,425 detik di urutan ketiga.

5 lap tersisa, Enea Bastianini akhirnya memimpin. Meski mengendarai motor Ducati Desmosedici 2021, pebalap Ducati Gresini ini mampu menyalip Jack Miller dengan motor versi terbaru.

Sementara Marc Marquez tidak kalah menggila, karena mampu mencapai peringkat keenam, seusai menyalip Jorge Martin yang tampak bermasalah dengan ban depan.

Memasuki lap terakhir, Enea Bastianini mulai mampu mengamankan posisi. Sebaliknya Jack Miller kehilangan peringkat kedua, karena disalip Alex Rins di dua tikungan terakhir.

Inilah kemenangan kedua Bastianini di MotoGP 2022, sekaligus sepanjang karier. Sebelumnya pebalap Italia berusia 24 tahun ini menjuarai seri pembuka di Qatar.

Kemenangan tersebut juga mengantar Bastianini ke peringkat teratas klasemen sementara dengan 61 poin, unggul 5 poin atas Alex Rins di urutan kedua.

Berikut hasil lengkap MotoGP Amerika 2022:
1. Enea Bastianini (Ducati Gresini)
2. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
3. Jack Miller (Ducati Lenovo)
4. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
6. Marc Marquez (Repsol Honda)
7. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
8. Jorge Martin (Ducati Pramac)
9. Johann Zarco (Ducati Pramac)
10. Maverick Vinales (Aprilia Racing)
11. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)
12. Brad Binder (Red Bull KTM)
13. Pol Espargaro (Repsol Honda)
14. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)



Komentar
Banner
Banner