Sport

Hasil Liga Spanyol: Atletico Madrid Juara

apahabar.com, MADRID – Persaingan di Liga Spanyol 2020/2021 sudah usai. Atletico Madrid sah menjadi juara, seiring…

Featured-Image
Selebrasi pemain-pemain Atletico Madrid seusai memastikan gelar juara Liga Spanyol di pekan terakhir. Foto: Outlook India

bakabar.com, MADRID – Persaingan di Liga Spanyol 2020/2021 sudah usai. Atletico Madrid sah menjadi juara, seiring kemenangan atas Real Valladolid di Stadion Municipal Jose Zorrilla, Minggu (23/5) dini hari.

Kemenangan itu tidak diperoleh dengan mudah. Penyebabnya Atletico yang sedianya banyak mengancam di menit-menit awal, justru lebih dulu tertinggal.

Atletico kecolongan di menit 18 akibat aksi solo run Oscar Plano yang memanfaatkan skema serangan balik.

Memasuki babak kedua, Atletico Madrid tidak menurunkan tensi permainan. Hasilnya di menit 57, mereka berhasil menyamakan kedudukan melalui Angel Correa.

Mendapat umpan dari Yannick Carrasco, Angel Correa bergerak melewati sejumlah pemain tuan rumah, sebelum melepas sepakan terarah.

Sepuluh menit kemudian, Luis Suarez yang berhasil membawa Atletico Madrid berbalik memimpin.

Mendapat umpan dari Sergio Guardiola, mantan striker Barcelona itu mengelabui Jordi Masip di kotak penalti.

Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Atletico Madrid pun meraih gelar juara kesebelas di Liga Spanyol, atau trofi kedua yang dipersembahkan pelatih Diego Simeone setelah musim 2013/2014.

Sementara Real Madrid yang menjadi pesaing terdekat Atletico Madrid, juga meraih kemenangan atas Villarreal di pekan terakhir.

Villarreal unggul lebih dulu melalui Yeremi Pino di menit 20, setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang.

Real Madrid baru bisa mencetak gol di menit 55 berkat aksi Karim Benzema. Namun gol tersebut digagalkan Video Assistant Referee (VAR).

Karim Benzema akhirnya mencetak gol sah di menit 87. Real Madrid akhirnya unggul 2-1 atas Villarreal lewat gol Luka Modric.

Namun kemenangan itu tidak membuat Real Madrid menggeser posisi Atletico Madrid dari puncak klasemen. Los Blancos tertinggal 2 poin dari rival sekota mereka

Kendati demikian, persaingan kedua klub menandakan keseruan yang tidak terjadi dalam tiga musim belakangan.

Terakhir kali gelar juara ditentukan di pekan terakhir terjadi di musim 2016/2017, ketika Real Madrid mengalahkan Barcelona.

Dua musim selanjutnya, Barcelona menjadi juara dengan relatif mudah. Blaugrana dua kali membuat Atletico Madrid harus menerima kenyataan menjadi nomor dua dengan keunggulan poin signifikan.

Di musim 2017/2018, Barcelona juara dengan keunggulan 14 poin. Dominasi itu kembali diperlihatkan Barcelona semusim kemudian dengan unggul 11 poin .

Sementara di musim 2018/2019, giliran Real Madrid yang menjadi juara. Perburuan gelar berakhir di pekan 37 berkat keunggulan 5 poin yang dibuat Real Madrid atas Barcelona.

Atletico pernah melakukannya saat merengkuh trofi Liga Spanyol musim . Racikan Diego Simeone sukses mengantarkan Atletico memenangi persaingan meraih trofi atas Barcelona dan Madrid.

Dalam klasemen akhir Liga Spanyol 2020/2021, tiket Liga Champions berturut-turut dipegang Atletico Madrid, Real Madrid, Barcelona dan Sevilla.

Sementara Real Sociedad memenangi persaingan melawan Real Betis untuk meraih tiket ke Europa League.

Sebaliknya SD Huesca, Real Valladolid dan Eibar harus menerima nasib terdegradasi ke Segunda Division.

Mereka digantikan Espanyol dan Real Mallorca, serta satu dari Leganes, Almeria, Girona dan Sporting Gijon yang akan melakoni playoff promosi.



Komentar
Banner
Banner