Sport

Hasil Kualifikasi MotoGP Malaysia: Martin Pole, Bagnaia Berpeluang Kunci Gelar

Untuk kali kedua berturut-turut, Jorge Martin meraih pole position setelah membukukan waktu tercepat di kualifikasi MotoGP Malaysia, Sabtu (22/10).

Featured-Image
Kembali meraih pole position, Jorge Martin berpeluang besar membantu Francesco Bagnaia mengunci gelar juara dunia di MotoGP Malaysia. Foto: MotorSport

bakabar.com, SEPANG - Untuk kali kedua berturut-turut, Jorge Martin meraih pole position setelah membukukan waktu tercepat di kualifikasi MotoGP Malaysia, Sabtu (22/10).

Jorge Martin merebut pole position, sekaligus mematahkan rekor waktu tercepat di Sirkuit Sepang dengan 1 menit 57,790 detik.

Pembalap Ducati Pramac itu akan start di samping Enea Bastianini. Sedangkan Marc Marquez kembali mengawali balapan dari front row, tepatnya di urutan ketiga.

Adapun Francesco Bagnaia tetap difavoritkan mengunci gelar juara MotoGP 2022, meski hanya akan start dari peringkat kesembilan.

Pembalap Ducati Lenovo tersebut sempat crash di tikungan 4, ketika kualifikasi tersisa 3 menit. Akibatnya Bagnaia pun gagal memperbaiki catatan waktu.

Sebaliknya Fabio Quartararo masih dirundung hasil buruk. Usai crash dalam latihan bebas keempat dan mengalami cedera jari tengah tangan kiri, Quartararo akan memulai balapan dari luar sepuluh besar.

Kondisi tersebut kurang menguntungkan Quartararo dalam upaya mempertahankan gelar. Dengan dua balapan tersisa di musim 2022, pembalap Monster Energy Yamaha ini tertinggal 14 poin dari Bagnaia.

Itu berarti MotoGP Malaysia akan menjadi match point pertama untuk Bagnaia. Anak didik Valentino Rossi ini hanya perlu tambahan 11 poin lagi atas Quartararo dan Espargaro, serta Bastianini.

Karakter Sepang yang banyak jalur lurus, bisa menjadi makanan empuk penunggang Ducati Desmosedici GP, termasuk Francesco Bagnaia.

Sedangkan suasana hati Quartararo boleh dibilang sedang menurun. Faktanya dalam empat seri terakhir, Il Diablo tak kunjung meraih podium.

Seolah tak bisa mengatasi tekanan, Quartararo pun melakukan beberapa kesalahan fatal yang membuat kans juara menipis di MotoGP Australia.

"Dibandingkan dengan Australia, sekarang kami berada tempat yang memiliki suhu lebih tinggi. Juga sulit memprediksi balapan akan kering atau basah," papar Bagnaia seperti dilansir MotorSport.

"Namun saya tetap tenang, karena Sirkuit Sepang jauh lebih bersahabat dengan motor kami. Sementara di Australia, kami memiliki lebih banyak masalah daripada di tempat lain," pungkasnya.

Balapan MotoGP Malaysia akan digelar, Minggu (23/10), serta disiarkan langsung Trans7 mulai pukul 14.00 Wita.

Berikut hasil lengkap kualifikasi MotoGP Malaysia 2022:

1. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)

2. Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)

3. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

4. Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)

5. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

6. Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

7. Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

8. Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)

9. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)

10. Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)

11. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

12. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

13. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

14. Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)

15. Cal Crutchlow GBR WithU RNF Yamaha (YZR-M1)

16. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)

17. Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)

18. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)

19. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

20. Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)

21. Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

22. Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)

23. Tetsuta Nagashima JPN LCR Honda (RC213V)

24. Darryn Binder RSA WithU RNF Yamaha (YZR-M1

Editor


Komentar
Banner
Banner