Sport

Hasil Grup A Piala AFF: Lumat 10 Pemain Brunei, Bekal Timnas Tantang Thailand

Timnas Indonesia berhasil melumat Brunei Darussalam 7-0 di penyisihan Grup A Piala AFF, Senin (26/12/2022). Kemenangan ini bekal Timnas menghadapi Thailand.

Featured-Image
Selebrasi Yakob Sayuri usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam. Foto: dok. PSSI.

bakabar.com, BANJARMASIN - Timnas Indonesia berhasil melumat Brunei Darussalam 7-0 di penyisihan Grup A Piala AFF, Senin (26/12/2022). Kemenangan di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia ini, jadi bekal serdadu Shin Tae-yong menantang Thailand, Kamis (29/12/2022) mendatang.

Pada laga ini, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong merombak susunan pemainnya, dibandingkan versus Kamboja, Jumat (23/12), kecuali Egy Maulana dan Nadeo Argawinata.

Shin membangkucadangkan nama-nama seperti Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Witan Sulaeman serta Marc Klok, dan menurunkan pemain-pemain layaknya Syahrian Abimanyu, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Hansamu Yama dan Saddil Ramdani.

Pada laga ini, Brunei Darussalam harus bermain 10 orang setelah pemain belakang mereka, Alinur Rashimy Jufri diusir wasit menit ke-38 usai melanggar pemain depan Timnas, Saddil Ramdani. Alinur mendapat kartu kuning kedua di menit itu.

Sejak awal laga, pertandingan berat sebelah. Timnas menguasai jalannya laga dengan menciptakan banyak peluang. Sedangkan Brunei cenderung tampil bertahan sambil sesekali melancarkan serangan balik.

Kendati begitu, Timnas baru bisa membuka keran gol lewat sepakan Syahrian Abimanyu yang menyepak operan pendek Ilija Spasojevic di dalam kotak penalti pada menit ke-20. Setelah itu, Timnas nampak kesulitan mendapat peluang karena Brunei mulai berani keluar menyerang dan sedikit merepotkan lini belakang Indonesia.

Namun menginjak menit ke-38, Brunei harus bermain dengan 10 pemain karena Alinur Rashimy Jufri mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Saddil Ramdani.

Momentum ini dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia untuk mencetak gol kedua lewat Dendi Sulistyawan yang menuntaskan operan Saddil dalam situasi kemelut di depan.

Setelah skor 2-0 bertahan untuk keunggulan Indonesia hingga turun minum, Brunei kembali kebobolan pada menit ke-59 lewat sundulan Egy Maulana Vikri yang menyambut umpan silang Edo Febriansah.

Semenit berselang, giliran Spasojevic yang mencetak gol keempat Indonesia dengan sontekan backheel atau tumit ketika mendapat assist Asnawi Mangkualam Bahar.

Keunggulan 4-0 membuat pelatih Indonesia Shin Tae-yong merotasi para pemainnya dan terdapat tiga penggawa yang dimasukkan secara bersamaan pada menit ke-63, yakni Ramadhan Sananta mengganti Spasojevic, Asnawi ditukar dengan Yance Sayuri, dan Witan Sulaeman mengganti Egy.

Setelah itu, terdapat Dendi yang ditukar dengan Muhammad Rafli pada menit ke-74 dan Marc Klok yang masuk menggantikan Rizky Ridho pada menit ke-80.

Namun demikian, tambahan gol terus mengalir. Buktinya, Sananta langsung membuat skor menjadi 5-0 setelah menuntaskan assist Sayuri pada menit ke-68. Kemudian pada menit ke-86, giliran Klok yang mencetak gol keenam setelah menyepak bola sodoran Sayuri di kotak terlarang, dan gol penutup itu sendiri dicetak Sayuri setelah menanduk umpan silang Edo pada menit 90+2.

Dengan adanya hasil ini, Indonesia langsung naik ke puncak klasemen sementara Grup A dengan koleksi 6 poin, meninggalkan Thailand dan Filipina dengan jarak tiga angka.

Thailand sendiri saat berita ini diturunkan bertanding melawan Filipina, dan unggul sementara 2-0. Dua gol Thailand dicetak Teerasil Dangda menit ke-3 dan penalti menit ke-41.

Sementara itu, Brunei makin terpuruk sebagai juru kunci karena tidak memiliki poin dalam tiga laga yang telah dimainkan dan dipastikan gagal ke fase gugur.

Pada laga selanjutnya Timnas akan menghadapi Thailand di Stadion Kuala Lumpur Malaysia, pada Kamis (29/12/2022) mendatang. Setelah itu menghadapi Filipina di tempat sama pada Senin (2/1/2023).

Baca Juga: Tekuk Kamboja, Bekal Awal Timnas Indonesia untuk Lolos Grup A Piala AFF 2022

Editor


Komentar
Banner
Banner