Sport

Hasil Final Piala Menpora 2021: Satu Kaki Persija di Tangga Juara

apahabar.com, SLEMAN – Kemenangan atas Persib Bandung di leg pertama final Piala Menpora 2021, Kamis (22/4)…

Featured-Image
Aksi gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand, di leg pertama final Piala Menpora 2021 melawan Persib Bandung. Foto: Persija

bakabar.com, SLEMAN – Kemenangan atas Persib Bandung di leg pertama final Piala Menpora 2021, Kamis (22/4) malam, menempatkan satu kaki Persija Jakarta di tangga juara.

Bermain di Stadion Maguwoharjo Sleman, Persija merotasi starter dengan menurunkan dua pemain muda Braif Fatari dan Taufik Hidayat.

Mereka lebih dipilih pelatih Sudirman ketimbang Ramdani Lestaluhu dan Marko Simic yang harus rela menunggu di bangku cadangan.

Sementara Persib menurunkan skuat terbaik, termasuk mengandalkan duet striker Wander Luiz dan Ezra Walian.

Faktanya keputusan pelatih Persija justru berbuah manis, karena Braif Fatari dan Taufik Hidayat menjadi pembeda di babak pertama.

Braif Fatari berhasil mencetak gol di menit pertama. Gol bermula dari tembakan keras Riko Simanjuntak yang membentur Taufik Hidayat di kotak penalti.

Bola kemudian bergulir ke arah Braif Fatari yang tanpa pikir panjang meneruskan dengan tembakan keras kaki kiri.

Lima menit berselang, Macan Kemayoran menggandakan keunggulan. Riko Simanjuntak kembali menjadi aktor gol kedua.

Umpan silang mendatar Riko Simanjuntak dari sisi kiri, berhasil disambar Taufik Hidayat yang lolos dari kawalan pemain bek lawan.

Persija bahkan nyaris unggul lebih banyak lagi lewat peluang Osvaldo Haay di menit 26, serta Taufik Hidayat di pengujung babak pertama.

Memasuki babak kedua, pelatih Robert Rene Alberts mencoba menyegarkan permainan Persib. Ezteban Vizcarra dan Dedi Kusnandar masuk menggantikan Febri Hariyadi dan Abdul Azis.

Pergantian tersebut membuat Persib berbalik menekan. Maung Bandung malah nyaris mencetak gol di menit 59.

Umpan silang Frets Butuan dari kanan, mampu ditanduk Wander Luiz. Namun si kulit bundar masih bisa diblok Tony Sucipto di depan gawang.

Persib kemudian memasukkan tambahan penyerang di menit 65, ketika Ferdinan Sinaga menggantikan Frets Butuan.

Kerja keras Persib untuk memperkecil ketinggalan nyaris membuahkan hasil di menit 81, andai tendangan bebas Ferdinan Sinaga tak membentur mistar gawang.

Persib terus berupaya untuk mencetak gol balasan hingga menit-menit akhir. Namun usaha mereka acap kandas akibat kedisiplinan pertahanan Persija.

Bermodal kemenangan 2-0, Persija hanya membutuhkan hasil imbang atau kalah tidak lebih dari dua gol di leg kedua untuk menjuarai Piala Menpora 2021.

Sedangkan Persib harus mencetak minimal tiga gol dalam leg kedua yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/4).



Komentar
Banner
Banner