Info Kesehatan

Harus Cermat! Kenali Perbedaan Expired Date dan Best Before pada Kemasan

Jenis makanan segar atau olahan memiliki masa tenggang untuk layak dikonsumsi. Demikian juga makanan kemasan yang dapat busuk atau kedaluwarsa

Featured-Image
Ilustrasi expired date pada kemasan makanan. Foto: Joglonews.

bakabar.com, JAKARTA - Jenis makanan segar atau olahan memiliki masa tenggang untuk layak dikonsumsi. Demikian juga makanan kemasan yang dapat busuk atau kedaluwarsa meski telah dikemas sedemikian rupa.

Makanan kadaluarsa biasanya mengalami perubahan warna, bau, rasa, tekstur, maupun kekentalannya.

Untuk mengetahui kapan produk makanan dan minuman akan kadaluarsa, umumnya kita mengecek tanggal kedaluwarsa. Nah, ada 3 jenis yang biasa dipakai yaitu expired datebest before, dan use by date.

Merangkum ulasan Gizigo, berikut perbedaan dari ketiga kategori tersebut:

Expired Date

Expired date atau tanggal kadaluarsa adalah lamanya waktu makanan dalam kondisi baik-baik saja, sebelum makanan tersebut kemudian mulai membusuk, tidak bergizi, ataupun tidak aman untuk dikonsumsi.

Expired date biasanya digunakan dalam makanan kemasan yang memiliki ketahanan dalam jangka waktu tertentu.

Sebagai contoh, Anda memiliki mie instan dengan expired date 30 Maret 2020. Maka setelah tanggal 30 Maret 2020 mie instan tersebut sudah melewati tanggal kadaluarsa dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Di Eropa, tanggal kadaluarsa atau expiry date digunakan untuk menunjukkan umur simpan makanan dalam dua kategori, yaitu best before dan use by date.

Best Before

Best before date adalah tanggal dimana makanan memiliki ketahanan minimal (best before atau baik sebelum) untuk mempertahankan sifat spesifiknya ketika disimpan dengan benar 3.

Best before lebih dikaitkan dengan kualitas makanan seperti flavor, tekstur, aroma, dan penampakan.

Penanggalan ini biasanya digunakan oleh pabrik sebagai indikasi kualitas makanan apabila disimpan dalam tempat yang tepat, seperti freezer, lemari pendingin, tempat yang kering, bebas cahaya dan sebagainya.

Use by Date

Use by date merupakan sistem penanggalan yang dilihat dari sudut pandang kemunculan mikrobiologi seperti bakteri dan jamur pada makanan.

Penanggalan ini digunakan untuk bahan makanan yang mudah busuk (perishable foods) seperti ikan segar, daging, dan produk susu (dairy product). Use by date juga dapat diartikan sebagai tanggal maksimal suatu produk dapat dikonsumsi secara aman 

Editor


Komentar
Banner
Banner