Hewan Dilindungi

Harimau Sumatera Mangsa Sapi Ternak di Aceh Timur

Seekor harimau sumatera dilaporkan memangsa sapi ternak milik warga di Aceh Timur. Harimau tersebut juga memasuki permukiman penduduk.

Featured-Image
Harimau Sumatera mangsa sapi ternak di Aceh Timur. Foto: greeners.co

bakabar.com, JAKARTA - Seekor harimau sumatera dilaporkan memangsa sapi ternak milik warga di Aceh Timur. Harimau tersebut juga memasuki permukiman penduduk.

Ternak yang dimangsa adalah seekor anak sapi di Gampong Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur. Bangkai ternaknya ditemukan dengan kondisi leher dan punggung berlumuran darah.

"Dari jejaknya, anak sapi tersebut dimangsa harimau. Kami berharap ada penanganan segera," kata pemilik ternak, Zakaria seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/8).

Baca Juga: FPRB Aceh Usul Mitigasi Bencana jadi Mata Pelajaran di Sekolah

Harimau tersebut juga dilaporkan memasuki permukiman penduduk. Itu terlihat dari jejak kaki harimau di beberapa titik.

"Kami khawatir dengan keselamatan anak-anak yang bermain di luar rumah jika harimau tersebut memasuki permukiman," ujar Zakaria.

Masyarakat setempat juga meminta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menurunkan tim mengusir satwa dilindungi tersebut. Sebab, keberadaannya sudah terpantau sejak awal tahun.

"Berbulan-bulan harimau tersebut berkeliaran di sekitar sini. Ada warga yang memergokinya saat di kebun. Sebagian warga was was dan mengurangi aktivitas di ladang," imbuhnya.

Baca Juga: Walhi Ingatkan Pemerintah Aceh Waspadai Puncak El Nino

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Timur mengimbau masyarakat menghindari interaksi negatif dengan harimau tersebut. Selain itu, mereka juga mengimbau masyarakat tidak melepasliarkan ternaknya ke kawasan perkebunan maupun hutan. 

"Untuk menjaga keselamatan, diharapkan warga yang menetap berdekatan dengan kawasan hutan agar menghindari aktivitas malam hari," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Timur Teuku Muhammad Yunus.

Editor


Komentar
Banner
Banner