Kalteng

Hari Rabies Sedunia, Dinas Pertanian Kapuas Gelar Vaksinasi Rabies Massal

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day 2021), Dinas Pertanian…

Featured-Image
Petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian Kapuas saat melakukan penyuntikan vaksin rabies terhadap hewan kucing piaraan warga. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day 2021), Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar vaksinasi rabies massal gratis bagi hewan peliharaan, Selasa (28/9).

Kegiatan vaksinasi massal rabies yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Pertanian Kapuas tersebut menargetkan sebanyak 100 dosis vaksin.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kapuas, Darius Bada mengatakan, kegiatan vaksinasi rabies rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan mengunjungi setiap pemeliharaan hewan kesayangan seperti kucing, anjing dan monyet.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dan didampingi oleh perangkat desa. Untuk kali ini perdana dilaksanakan vaksinasi massal dalam rangka Hari Rabies Sedunia,” katanya.

Darius bilang, populasi HPR (Hewan Penular Rabies) di Kapuas kurang lebih 18.181 ekor. Untuk tahun 2020 telah dilaksanakan vaksinasi rabies pada 2.500 HPR di lima kecamatan.

“Dengan populasi HPR tingi yaitu Kecamatan Selat, Basarang, Kapuas Hilir, Kapuas Tengah dan Pasak Talawang," ujarnya.

Nah, untuk tahun 2021 telah dilaksanakan vaksinasi rabies di Kecamatan Basarang, Mantangai, Kapuas Hilir, Kapuas Barat dan Selat.

“Sementara 1.083 HPR telah divaksin rabies. Vaksinasi selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan Selat,” terang Darius.

Ia berharap kepada masyarakat untuk membawa hewan peliharaan mereka yaitu kucing, anjing dan monyet untuk di vaksin rabies, karena menurutnya selama ini ada beberapa kendala dalam pelaksanaan vaksinasi rabies

“Kendalanya antara lain hewan penular rabies yang liar dan susah ditangkap, juga belum adanya kesadaran pemilik akan pentingnya vaksinasi rabies,” pungkas Darius.



Komentar
Banner
Banner