Tak Berkategori

Hari Jadi ke-55 Jadi Momentum Gerakan Penghijauan di Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – Dalam rangkaian hari jadi ke-55 Kabupaten Tabalong, ratusan orang dari Dinas Lingkungan Hidup,…

Featured-Image
Penanaman pohon di Gunung Batu, Kelurahan Mabuun RT 01 Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (4/12). Foto-Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Dalam rangkaian hari jadi ke-55 Kabupaten Tabalong, ratusan orang dari Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, KPH dan perusahaan melakukan penanaman pohon.

Penanaman yang diawali oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dilakukan di Gunung Batu, Kelurahan Mabuun RT 01 Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (4/12).

Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatiance, mengatakan kegiatan ini diikuti 125 orang dari insransi pemerintah, perusahaan, serta anggota Pramuka.

“Jumlah yang ditanam 700 pohon. Jenisnya Angsana, ” jelasnya.

Sebelumnya penanaman pohon juga sudah dilakukan pada awal 2020 dalam rangka Hari Bumi di eks TPA Mubarai. Di sana, ada 750 pohon trambesi yang ditanam. Sementara 100 pohon angsana ditanam di halaman Pendopo Bersinar.

Kemudian, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia di TPA Bongkang, tanaman bambu hias ditanam sebanyak 150 batang, angsana 300 pohon. Totalnya 2.000 pohon.

“Penanaman pohon ini untuk menjaga stabilitas terhadap lingkungan serta menajaga kesehatan, dan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan, ” pungkas Rowi.

Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan daerahnya sudah mencanangkan Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau (Genta Sihijau).

“Bila membuang sampah sembarangan, kota itu kotor, gersang dan banyak jamban, itu menunjukkan tingkat peradaban daerah belum tinggi. Kita sudah meraih ODF, kebersihan juga bagus, tapi Tabalong masih kurang hijau,” kata Anang.

Anang menjelaskan rimbunnya pepohonan di depan DPRD dan Aston Hotel masih belum cukup. Dia meminta penanaman pohon terus dilanjutkan.

“Saya merekomendasikan pohon yang ditanam jenisnya angsana dan mahoni. Bila KPH atau perusahaan ingin membantu bantulah pohon Mahoni minimal tingginya dua meter,” pungkas Anang.



Komentar
Banner
Banner