Harga Gula

Harga Gula Bepotensi Melonjak, Gappmi: Bisa Jadi Dampak El Nino

Setelah beras melonjak signifikan di Asia. Harga gula kabarnya juga bakal ikut-ikutan. Apa penyebabnya?

Featured-Image
Pasokan gula nasional sejauh ini masih stabil. Namun kabarnya, ada kemungkinan lonjakan harga dalam waktu dekat. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Setelah beras melonjak signifikan di Asia. Harga gula kabarnya juga bakal ikut-ikutan. Apa penyebabnya?

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gappmi), Adhi S Lukman coba menelaah. Kata dia, bisa jadi karena El Nino.

"Sehingga harga gula dunia meningkat ini yang kita khawatirkan," terangnya kepada wartawan di Hotel Pullman Central Park Jakarta, Senin (14/8).

Baca Juga: Kabar Buruk Bagi Industri Kuliner, Harga Gula Segera Naik

Adhi memperkirakan, kalau el Nino ini berkepanjangan negara produsen gula, seperti Thailand dan India bisa mengalami kekeringan. Hal ini memengaruhi pasokan global.

Meski begitu, menurutnya masih cenderung stabil. Karena itu, ia juga kaget tiba-tiba bakal ada lonjakan harga.

Sejauh ini, sepengetahuan Adhi, pasokan gula untuk 2023 cukup. Setidaknya informasi itu yang ia terima. "Saya tidak dengar ada kekurangan dari anggota," ungkapnya.

Baca Juga: Harga Gula, Pengamat: Sebenarnya Sudah Puluhan Tahun Tetap Stabil

Karena itu, Adhi berharap pembahasan neraca komoditas oleh pemerintah bisa lebih cepat dilakukan. Sehingga memperkirakan jumlah produksi lokal yang dimiliki.

Selain itu, juga agar pemerintah tahu berapa perkiraan jumlah gula yang akan diimpor.

"Kalau tidak segera dibahas, takutnya terlalu mepet.  Nanti khawatir kita tidak bisa mengantisipasi kondisi global yang semakin tidak menentu," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner