Harga Komoditas Pangan

Harga Bawang Merah Tembus Rp 40 Ribu Per Kilogram, Bagaimana Cabai Rawit?

Harga bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan pada hari ini

Featured-Image
Harga bawang merah mengalami kenaikan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (20/1). (Foto: apahabar.com/Firda)

bakabar.com, JAKARTA - Harga bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan pada hari ini, Jumat (20/01). Berdasarkan pantauan bakabar.com di beberapa pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, harga bawang merah tembus Rp 40 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang sayur-mayur, Parti menyebut kenaikan harga bawang merah cukup tinggi.

"Bawang merah itu kan tadinya Rp 30-35 ribu. Sekarang naik jadi Rp 40 ribu. Nah, kalau bawang putih harganya sekarang jadi Rp 30 ribu," ujar Parti di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (20/1).

Baca Juga: Harga Cabai hingga Daging di Pasar Naik, Omzet Pedagang Malah Menurun

Dia menduga, penyebab kenaikkan harga bawang merah dan putih itu lantaran kurangnya pasokan. Adapun harga bawang merah dan putih itu mulai naik semenjak lima hari terakhir belakangan.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut pun bertahap. Harga bawang merah sempat berada di angka Rp 38 ribu. Namun, setiap hari justru kian naik.

"Mungkin di sananya belum panen kali ya jadi dari sininya juga sudah mahal," kata Parti.

Selain bawang merah dan bawang putih, harga bahan pangan lain terbilang stabil. Harga bawang bombay saat ini dibanderol Rp 20 ribu per kilogram.

Baca Juga: Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit dan Telur Naik, Omset Pedagang Turun 20 Persen

Kemudian, harga cabai rawit juga sudah turun dibanding sebelumnya yang sempat tembus Rp 80 ribu per kilogram. Kini, harga cabai rawit sudah menurun dan dibanderol Rp 50 ribu per kilogram.

Salah seorang warga Kramat Jati, Tuti mengaku merasa keberatan dengan naiknya harga bawang merah dan putih. Namun, mau tak mau dia harus tetap membelinya.

"Saya punya usaha warung nasi, jual lauk matang. Ya mau enggak mau tetap harus beli bawang biar pun mahal," ujar Tuti di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (20/1).

Oleh karena itu, dia harus mengakali agar tetap bisa berjualan, meski harga bawang merah dan putih naik. Sebab bukan harga bawang saja yang naik, menurutnya, harga beras juga sempat mengalami kenaikkan.

Baca Juga: Hari Wibu Sedunia, Kenapa Sering Disebut Bau Bawang?

Akan tetapi, dia bersyukur harga cabai sudah turun. Pasalnya beberapa waktu lalu sempat tembus hingga Rp 70 - 80 ribu per kilogram.

"Ya maunya sih murah semua, tetapi bagaimana. Ya ikut saja," kata Tuti.

Hal senada disampaikan oleh Intan. Sebagai ibu rumah tangga dia juga merasakan dampak dari kenaikan harga di pasaran. Dia pun berharap agar bahan pangan bisa kembali normal dan tak terus mengalami kenaikan.

"Ya paling mengakalinya beli sedikit-sedikit saja, habis mau bagaimana lagi. Semoga saja harga bawang, cabai, enggak naik lagi," ucapnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner