Sport

Hajar Filipina, Timnas Buka Asa ke Semi Final Piala AFF U-19

apahabar.com, BANJARMASIN – Sukses menghajar Filipina denga sekor telah 5-1, Timnas Indonesia membuka asa ke Semi…

Featured-Image
Pemain Timnas U-19 Rabbani Tasnim sukses merobek jala Filipina dalam lanjutan penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Jumat (8/7) malam. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Sukses menghajar Filipina denga sekor telah 5-1, Timnas Indonesia membuka asa ke Semi Final Piala AFF U-19 2022, Jumat (8/7) malam.

Berlaga di Stadin Patriot Candrabhaga, Timnas Indonesia memetik kemenangan atas Filipina dalam lanjutan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Tambahan tiga angka penuh ini mengantarkan Timnas Indonesia sementara berada di peringkat tiga klasemen dengan delapan poin.

Serdadu Shin Tae-yong terpaut dua poin dari Vietnam dan Thailand yang berada di peringkat pertama dan kedua.

Meski demikian, asa Timnas U-19 ke semi final Piala AFF 2022 masih terbuka. Pada laga terakhir akan menghadapi Myanmar. Sementara Vietnam dan Thailand akan saling berhadapan.

Satu-satunya harapan Timnas U-19 lolos ke semi final nanti yakni kembali meraih kemenangan atas Myanmar.

Sekalipun kelak, Vietnam dan Thailand bermain imbang, Timnas U-19 tetap lolos ke semi final, karena unggul selisih gol dari Thailand.

Terlepas dari itu, kemenangan atas Filipina harus dibayar mahal oleh timnas U-19. Pasalnya sejumlah pemain bertumbangan akibat menderita kram. Ini tak luput dari jadwal pertandingan yang sangat padat.

Saat menghadapi Filipina, Timnas U-19 langsung mengambil inisiatif menyerang untuk menghidupkan peluang ke semi-final.

Skuad Garuda Nusantara muda sudah membuka keunggulan pada menit ke-14 melalui eksekusi penalti Rabbani Tasnim.

Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran terhadap Subhan Fajri di kotak terlarang.

Permainan timnas U-19 makin intens setelah unggul satu gol. Hasilnya, timnas U-19 berhasil menggandakan keunggulan Alfriyanto Nico di menit ke-26 menyambut umpan terobosan.

Kendati demikian, Filipina mampu memperkecil ketertinggalan sekaligus membuat gawang Indonesia untuk kali pertama kebobolan di ajang ini pada menit ke-28 melalui Justin Lawrence.

Tersentak dengan gol Filipina tersebut, Timnas U-19 meningkatkan agresivitas serangan ke pertahanan lawan.

Zanadin Fariz pun terpaksa dilanggar di kotak penalti, sehingga wasit menunjuk titik putih. Rabbani yang dipercaya sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya, dan membuat timnas U-19 memipin 3-1 di babak pertama.

Timnas U-19 tidak mengendurkan tekanan, meski sudah unggul 3-1 di babak pertama. Permainan agresif tetap diperlihatkan para pemain, dan mereka sukses memperbesar keunggulan menjadi 4-1 melalui sundulan Rabbani di menit ke-49. Ini menjadi hattrick pertama Rabbani di Piala AFF U-19.

Pemain pengganti Razzaa Fachrezi yang mendapatkan ruang tembak dari jarak dekat menggenapi keunggulan timnas U-19 di menit ke-70 setelah menuntaskan umpan Nico sekaligus memastikan kemenangan menjadi 5-1.

Susunan Pemain:

Filipina U-19: Lance Jeter; Zachary Taningco, Cian Gabriel, Dov Anthony, Kamil Jaser, Andreas Rafael, John Dale, Jaime Domingo, Antonie Ortega, Justin Lawrence, Uriel Reyes.

Indonesia U-19: Cahya Supriadi; Kadek Arel, Muhammad Ferarri, Frezt Al Hudaifi, Ferdiansyah Cecep, Zanadin Fariz, Subhan Fajri, Alfriyanto Nico, Marcell Januar, Edgard Amping, Robbani Tasnim.



Komentar
Banner
Banner