Kalteng

Hadapi Karhutla, BPBD Kapuas Siapkan 17 Pos Lapang

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP)…

Featured-Image
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menyiapkan pos lapang di tingkat kecamatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, ada sebanyak 17 pos lapang yang akan disiapkan BPBD guna mencegah kebakaran hutan dan lahan di daerah setempat.

“Di Kabupaten Kapuas ada 17 kecamatan dimana nanti masing-masing kecamatan kita siapkan satu pos lapang Karhutla” katanya di Kuala Kapuas, Jumat (26/6).
Menurut Panahatan Sinaga, BPBD nantinya akan mensuport pos lapang kecamatan tersebut agar nantinya bisa bergerak dalam penanganan kebakaran hutan di wilayahnya.

“Kita nanti akan suport peralatan pemadam kebakaran termasuk juga data dukung untuk personilnya,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Sinaga, apabila ada kebakaran yang bersifat skala kecil maka bisa langsung ditangani, tidak perlu menunggu personil damkar dari kabupaten.

Ditambahkan mantan Kepala Bagian Umum Setda Pemkab Kapuas ini, bahwa pos lapang Karhutla di kecamatan nantinya akan dipimpin langsung oleh camat dan sebagai wakil ketua bisa kapolsek atau danramil.

“Nanti camat akan memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat peduli api yang ada di kecamatannya dalam penanganan Karhutla,” pungkas Panahatan Sinaga.

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner