Nasional

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Keluarkan 42 Kali Letusan Selama 12 Jam

Gunung Semeru, Jatim kembali erupsi dengan 42 kali letusan pada 12 jam terakhir. Erupsi itu disertai asap putih kelabu setinggi 800 meter.

Featured-Image
Gunung Semeru teramati dengan jelas saat keluarkan letusan. Foto: apahabar.com/David Firmansyah

bakabar.com, LUMAJANG - Gunung Semeru di Jawa Timur (Jatim) kembali erupsi dengan 42 kali letusan pada 12 jam terakhir. Erupsi itu disertai asap putih kelabu setinggi 800 meter.

Kondisi itu terpantau pada periode waktu 18.00 hingga 06.00 WIB hari ini, Minggu (12/11). Gunung yang berada di Kabupaten Lumajang dan Malang tersebut sekarang masih dalam status siaga level (III).

Kemudian, Gunung Semeru terlihat mengeluarkan asap putih kelabu tebal. Asap itu membumbung 800 meter di atas puncak kawah atau Jonggring Saloko ke arah barat daya.

"Kami menghimbau agar masyarakat tidak beraktivitas langsung di dekat lokasi erupsi. Yakni sepanjang sungai Besuk Kobokan yang rawan terkena lahar," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Semeru (PPGA) Liswanto.

Selain itu, masyarakat juga perlu mewaspadai sejumlah kawasan lain. Seperti Sungai Besuk Bang, Besuk Sat, dan Besuk Kembar dan sungai kecil yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

"Waspada terhadap awan panas guguran, guguran lava, dan lahar yang dapat mengalir langsung di sungai-sungai itu," ucap Liswanto.

Editor


Komentar
Banner
Banner