Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi

Groundbreaking RSUP IKN, Menkes RI: Kita Butuh 31 Dokter!

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin turut mendampingi Presiden Joko Widodo pada groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN),

Featured-Image
Kemenkes RI mendampingi Presiden Joko Widodo groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) IKN, Rabu (20/12). (Dok.Sekretariat Presiden)

bakabar.com, BALIKPAPAN - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin turut mendampingi Presiden Joko Widodo pada groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (20/12).

Budi menjelaskan saat ini tengah membutuhkan 31 dokter untuk penempatan Rumah Sakit tipe A tersebut. 

Baca Juga: KPK Kantongi Tersangka Pengadaan APD Kemenkes

Dengan rincian 20 dokter umum, 9 dokter spesialis, dan dua dokter gigi. Budi menjamin akan memprioritaskan dokter asal Kalimantan Timur. 

"Paling enak yang lokal dulu kita cari dokter. Tidak susah urusnya. Kalau tidak ketemu kita cari dari luar," kata Budi kepada bakabar.com. 

Baca Juga: Pertama se-Indonesia! Menkes Budi Divaksin Hepatitis B

Hanya khusus dokter spesialis, Kemenkes akan lebih selektif lagi. Terutama spesialis jantung dan penyakit dalam (stroke) yang menjadi unggulan RSUP IKN.

Bahkan Kemenkes mengklaim RSUP nanti bisa menjadi rujukan warga Indonesia yang selama ini pengobatan di luar negeri seperti Singapura hingga Amerika.

Baca Juga: Kemenkes: Jumlah Kasus Cacar Monyet di Indonesia Bisa Tembus 3.600 Kasus

Tahun depan Kemenkes mulai revitalisasi rumah sakit daerah baik kabupaten maupun provinsi. 

"Kita sudah mendapatkan persetujuan. Menciptakan fleksibilitas untuk mempercepat pendidikan di luar negeri untuk dokter," jelasnya.  

Editor


Komentar
Banner
Banner