Program Kesehatan Nasional

Pertama se-Indonesia! Menkes Budi Divaksin Hepatitis B

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjadi orang pertama disuntik vaksinasi Hepatitis B di RSUD Kabupaten Tangerang.

Featured-Image
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai melaksanakan vaksinasi hepatitis b di RSUD Kabupaten Tangerang, Rabu, (8/11). Foto: Rizky Dewantara

bakabar.com, TANGERANG - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjadi orang pertama disuntik vaksinasi Hepatitis B di RSUD Kabupaten Tangerang.

Hal itu dilakukan saat membuka program imunisasi Hepatitis B. Untuk seluruh tenaga kerja kesehatan di Indonesia.

Baca Juga: Sosialisasi Jurus Jitu Kemenkes Tekan Penyebaran Monkeypox

"Program vaksinasi Hepatitis B dilakukan secara nasional. Jangan sampai kena sakit yang ada hubungannya sama hati," kata Budi, Rabu, (8/11).

Ditargetkan 300 ribu tenaga kerja kesehatan. Jumlah itu akumulasi untuk se-Indonesia.

"Saya baru diajarin sama Profesor David, bahwa hati itu nanti bisa berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi berupa sirosis atau kanker hati," akunya.

Masih kata dia, vaksinasi ini untuk mencegah penyakit kanker hati agar tidak menjadi akut. Hingga bisa membuat meninggal.

Baca Juga: Kemenkes: Jumlah Kasus Cacar Monyet di Indonesia Bisa Tembus 3.600 Kasus

Pasalnya, penyakit kanker hati menjadi penyebab kematian nomor dua di Indonesia.

"Kanker hati itu nanti bisa fibrosis dan kalau enggak dirawat naik jadi sirosis, dan ini penyakit yang kronis jadi langsung bisa meninggal. Jadi vaksinasi ini sangat penting," tutup Budi.

Editor


Komentar
Banner
Banner