Megaproyek IKN

Groundbreaking Ketiga IKN Direncanakan Desember 2023

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengupayakan groundbreaking ketiga di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal dilaksanakan pada perteng

Featured-Image
Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam acara Peluang Investasi IKN di Jakarta. Foto: apahabar.com/Ayyubi

bakabar.com, JAKARTA - Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengupayakan groundbreaking ketiga di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal dilaksanakan pada akhir tahun ini.

"Kira-kira begitu (minggu ketiga atau keempat). Tapi tergantung jadwal presiden," kata dia kepada wartawan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Jumat (1/12).

Dalam groundbreaking tahap ketiga, kata Agung, sebagian besar masih didominasi para investor dalam negeri yang bermitra dengan investor asing.

Baca Juga: Pekerja di IKN Nggak Usah Khawatir, Pajak Gaji Dibayarin Pemerintah

Dia mencontohkan, seperti investasi dari Pakuwon yang bermitra dengan brand hotel internasional Marriott. Mereka melakukan groundbreaking untuk pembangunan hotel di IKN.

"Memang investor asing sudah masuk ke IKN menjalin kerja sama dengan investor-investor domestik," kata Agung.

Baca Juga: OIKN Ajak Petani Bahas Pertanian di Nusantara Agrofest

Di samping itu, dari groundbreaking tahap ketiga, OIKN menargetkan nilai investasi swasta yang masuk sebesar Rp10 triliun. Jumlah tersebut jika ditotal dengan suntikan dana sebelumnya dinilainya akan mencapai target investasi sebesar Rp45 triliun di sepanjang 2023.

"Investasi yang sudah komitmen groundbreaking sebesar Rp35 triliun. Kalau ditotal dengan target tahap ketiga ini jadi Rp45 triliun," tandas dia.

Editor


Komentar
Banner
Banner