Teknologi Ban Kendaraan

Goodyear dan Gatik Rancang Ban Pintar, Bisa Perkirakan Gesekan Jalan

Komponen ban juga telah diasupi beragam teknologi untuk menjamin keselamatan pengendara, seperti yang dilakukan oleh Goodyear bersama dengan Gatik.

Featured-Image
Goodyear dan Gatik merancang ban pintar, bisa perkirakan gesekan jalan. Foto: dok. Goodyear

bakabar.com, JAKARTA - Selain kendaraan, komponen ban juga telah diasupi beragam teknologi untuk menjamin keselamatan pengendara, seperti yang dilakukan oleh Goodyear bersama dengan Gatik.

Kedua perusahaan tersebut berhasil menghadirkan ban pintar yang ditenagai oleh teknologi Goodyear SightLine yang secara akurat memperkirakan potensi gesekan ban-jalan serta memberikan informasi real-time kepada sistem penggerak otomatis (ADS) dari Gatik.

"Ini adalah langkah untuk mengembangkan ban agar tidak hanya memberikan kegunaan intinya, tetapi juga menjadi penghubung data dan informasi baru," kata Senior Vice President, Global Operations and Chief Technology Goodyear, Chris Helsel dalam keterangannya, Sabtu (1/4).

Baca Juga: MG4 EV Unjuk Kebolehan Mobil Listrik di Jalur Mudik Jakarta-Bandung

Lebih lanjut dia mengatakan, penemuan ini kemudian memperluas fungsi ban mulai dari pengumpulan data penting yang dapat membantu meningkatkan keamanan dan performa kendaraan.

"Selain itu juga untuk meningkatkan efisiensi dan nilai bagi pelanggan Gatik di pasar jarak pendek B2B," bebernya.

Goodyear dan Gatik menguji seberapa hebat sensor tersebut mendeteksi gesekan jalan dengan metode pengukuran berkelanjutan.

Sensor dipasangkan dengan data kendaraan lain dan terhubung ke algoritme milik Goodyear berbasis cloud untuk mengoptimalkan kinerja kendaraan.

Baca Juga: Inchcape dan Indomobil Ditunjuk Jadi APM Mercedes-Benz di Indonesia

Dengan teknologi estimasi friksi SightLine Goodyear, sensor berhasil mendeteksi kondisi cengkeraman rendah.

Sebut saja saat kondisi bersalju atau dingin, dan membuat informasi ini tersedia untuk armada otonom Gatik.

Hal itu meningkatkan keselamatan dan kinerja kendaraan operasi komersial Gatik di iklim musim dingin yang menantang di Kanada.

Baca Juga: BMW Classic Partner Siapkan Fasilitas Spesial buat Pemilik Mobil Klasik

Pada kendaraan logistik otonom, informasi data gesekan jalan dari ban akan membantu pengawasan perjalanan yang lebih mulus, lebih aman, dan berkelanjutan.

Selain itu data tersebut juga diperlukan untuk pemilihan jalur berkendara, kecepatan, dan akselerasi kendaraan dengan mempertimbangkan jarak antara kendaraan lainnya.

Untuk itu, diperkirakan tahun ini teknologi Goodyear SightLine akan diterapkan pada kendaraan OE tertentu yang membawa perangkat ini langsung ke pasar mobilitas saat ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner