Mobil Dinas Presiden Jokowi

Ban Mobil Dinas Presiden Joko Widodo Diduga Bocor, Netizen: Kok Bisa?

Mobil dinas Presiden Joko Widodo diduga bocor di pinggir jalan, padahal harusnya tahan bocor karena pakai jenis ban RFT.

Featured-Image
Ban mobil dinas Presiden Joko Widodo diduga bocor di pinggir jalan. Foto: kolase dari tangkapan layar

bakabar.com, JAKARTA - Sebuah video viral memperlihatkan mobil dinas Presiden Joko Widodo tampak berhenti di pinggir jalan.

Mobil dinas Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diketahui Mercedes-Benz S600 Guard, diperkirakan mengalami kebocoran ban belakang di sisi kanan.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @innovacommunity pada (24/1), Presiden Jokowi justru terlihat berdiri di pinggir jalan.

Selain itu beberapa anggota yang diduga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlihat sedang mengecek kondisi ban di mobil dinas presiden tersebut.

Beberapa netizen kemudian menyoroti penyebab masalah pada ban mobil dinas presiden tersebut.

"Bukannya ban mobil presiden ini anti kempes ya?" Komen akun @ndutz.

"Lah bukannya salah satu requirement Mercedes guard pakai ban RFT ya? Kok bisa bocor" tulis komentar akun @arifan87.

Bicara kejadian tersebut, ban mobil sekelas presiden seharusnya memang menggunakan ban jenis RFT (Run Flat Tire) untuk menunjang keamanan.

Ilustrasi - teknologi keamanan pada ban mobil RFT (Run Flat Tire). Foto: Tirebuyer
Ilustrasi - teknologi keamanan pada ban mobil RFT (Run Flat Tire). Foto: Tirebuyer

Mengutip tirebuyer.com, ban RFT dilengkapi teknologi keamanan yang dirancang untuk membuat kendaraan tetap bisa melaju secara normal, meskipun tanpa tekanan udara.

Teknologi run-flat pada ban RFT, juga memungkinkan pengemudi tetap mampu mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang memadai setelah terjadi kebocoran.

Lebih lanjut, ban RFT juga dilengkapi dinding samping (sidewall) yang lebih tebal dan kuat dari ban biasa.

Di samping itu, kendaraan dengan ban RFT diklaim aman mencapai jarak 80 kilometer (km) dengan kecepatan hingga 80 km per jam saat ban mengalami kebocoran.

Mercedes-Benz S600 Guard, mobil dinas Presiden Jokowi. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden
Mercedes-Benz S600 Guard, mobil dinas Presiden Jokowi. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Soal mobil dinas Presiden Jokowi, Mercedes-Benz S600 Guard menggunakan mesin DOHC 5.500 cc dengan transmisi matic 7G-Tronic.

Mesinnya diklaim dapat menghasilkan tenaga 530 dk dan torsi 830 Nm.

Mercedes-Benz S600 Guard dilengkapi berbagai fitur keselamatan seperti bodi lapis baja yang mampu melindungi dari peluru senjata api dan ledakan, tangki bensin anti-bocor, kaca anti-peluru, ban RFT, dilengkapi alat pemadam api ringan otomatis, sampai sistem sirkulasi udara darurat dengan oksigen cadangan.

Editor


Komentar
Banner
Banner