Sepak bola nasional

Gercep, DPR Setujui Naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes

Komisi X DPR RI dan Komisi III DPR RI mengambil langkah cepat dengan memberikan restu terhadap naturalisasi Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On

Featured-Image
Nathan Tjoe-A-On (kiri) bersama Presiden Joko Widodo saat menyaksikan timnas Indonesia berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Geloran Bung Karno (SUGBK). Kamis (12/10). Foto: instagram/nathantjoeaon

bakabar.com, JAKARTA - Komisi X DPR RI dan Komisi III DPR RI mengambil langkah cepat dengan memberikan persetujuan resmi terhadap naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, Senin (4/12).

Proses tersebut mencakup rapat kerja dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta PSSI pada Senin (4/12) dan rapat Komisi III DPR RI di Gedung Nusantara I pada sore tadi.

Rapat kerja Komisi X bersama Kemenpora dan PSSI memutuskan untuk memberikan rekomendasi pemberian kewarganegaraan kepada Idzes dan Nathan. 

Keputusan ini disambut baik oleh Komisi X DPR RI, dan rekomendasi tersebut diangkat sebagai dasar untuk persetujuan naturalisasi keduanya.

Baca Juga: Erick Thohir Bisa Percepat Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap pimpinan sidang Hetifah Sjaifudian.

Meskipun prosesnya terbilang kilat, persetujuan dari kedua komisi menandakan dukungan kuat terhadap langkah ini. 

Rapat Komisi III yang awalnya molor karena jadwal bersamaan dengan Komisi X, tetap berlangsung dengan efisien.

Langkah selanjutnya adalah membawa persetujuan dari kedua komisi ini ke Rapat Paripurna DPR RI yang akan diselenggarakan pada Selasa (5/12) besok.

Baca Juga: Erick Thohir Perkenalkan Nathan Tjoe-A-On Kepada Publik Indonesia

Dalam rapat tersebut, diputuskan apakah naturalisasi Nathan dan Jay diterima atau tidak.

Apabila persetujuan diterima, berkas naturalisasi akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo. 

Dari presiden, diharapkan akan diterbitkan Keputusan Presiden sebagai dasar hukum untuk pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) bagi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Baca Juga: Selangkah Lagi, Justin Hubner Dinaturalisasi dan Perkuat Timnas Indonesia

Jay Idzes merupakan pemain keturunan Belanda. Bek berusia 23 tahun itu saat ini berkarier di klub Italia, Venezia.

Sedangkan Nathan juga berasal dari Belanda. Pemain yang bisa berposisi sebagai bek tengah dan bek kiri ini sedang memperkuat tim Inggris, Swansea City.

Editor
Komentar
Banner
Banner