News

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Enggano Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

apahabar.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi dengan Magnitudo 5,1 mengguncang…

Featured-Image
Peta guncangan gempa bumi di wilayah Enggano, Bengkulu, Sabtu (26/2). Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi dengan Magnitudo 5,1 mengguncang Enggano, Bengkulu, Sabtu (26/2) sekitar pukul 06.58 WIB.

Dikutip dari laman BMKG, pusat gempa berada di koordinat 4.92 LS dan 101.72 BT di laut, tepatnya 77 kilometer arah barat laut Enggano dengan kedalaman 18 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa dirasakan di Bengkulu dengan skala II hingga III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran.

Belum dilaporkan tentang kerugian jiwa dan material dalam gempa di Enggano. Namun demikian, BMKG menyarankan warga berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.



Komentar
Banner
Banner