Nasional

Gempa M 6,3 Goyang Melonguane, Warga Panik Keluar Rumah

apahabar.com, JAKARTA – Gempa bumi di terjadi di Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Getaran…

Featured-Image
Ilustrasi gempa. Foto-Detik.com

bakabar.com, JAKARTA – Gempa bumi di terjadi di Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Getaran gempa sempat membuat warga panik dan keluar rumah.

“Banyak warga terkejut dan lari keluar rumah di Kepulauan Talaud,” kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, seperti dilansir detikacom pada Jumat (31/5/2019).

Baca Juga: Aceh Gempar Fenomena Ikan Mati Massal

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa berlokasi di laut pada jarak 235 km arah utara Kota Melonguane. Pusat gempa ada di kedalaman 112 km

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Laut Filipina. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Davao Filipina ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault),” kata Daryono.

Getaran gempa dirasakan dalam skala II MMI yang artinya getaran dirasakan di dalam rumah. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Belum ada laporan terjadinya gempa susulan. Belum ada pula laporan dampak kerusakan yang timbul akibat gempa bumi tersebut.

Gempa terjadi pada Jumat (31/5/2019) pukul 17.12 WIB. Pusat gempa ada di koordinat 6,14 Lintang Utara dan 126,53 Bujur Timur.

Baca Juga: Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2019

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner