Nasional

Gelar Rapat Terbatas, Jokowi Minta Kondisi Papua Segera Dipulihkan  

apahabar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas membahas situasi terbaru di Papua pada Jumat…

Featured-Image
Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas membahas kondisi Papua.Foto-detik.com

bakabar.com, Jakarta– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas membahas situasi terbaru di Papua pada Jumat (30/8/2019).

“Rapat terbatas kita bahas mengenai penanganan di Papua dan saya berharap disampaikan jaga keamanan dan jaga ketertiban. Ada aturan keamanan, tindak tegas yang melanggar hukum,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

“Tak ada toleransi bagi perusuh dan tindakan anarkis dan juga memerintahkan aparat keamanan menindak tegas siapa pun yang lakukan tindakan rasialis dalam bentuk apa pun dan saya dapat laporan hukum dilakukan, baik oknum sipil maupun militer yang lakukan tindakan itu,” sambung Jokowi.

Jokowi memerintahkan agar kondisi di Papua segera dipulihkan.

“Saya perintahkan situasi keamanan di Papua dijaga dan segera-segera cepat-cepat dipulihkan semua warga negara tanpa terkecuali harus dilindungi harkat dan martabat dan kerusakan umum segera diperbaiki sehingga aktivitas publik, pemerintahan pulih. Saya percaya warga Papua cinta damai,” ujarnya.

Hadir dalam rapat tersebut, Wapres Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Seskab Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Kerusuhan terjadi saat demo di sejumlah titik di Jayapura pada Kamis (29/8). Demonstrasi di Jayapura menuntut proses hukum terhadap pelaku rasisme di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jatim. Hingga kini, suasana di sana mulai kondusif.

Dalam kesempatan terpisah, Wiranto sudah bertemu dengan tokoh-tokoh Papua siang ini.

“Dalam akhir perbincangan tadi kita sepakat yang utama adalah bagaimana kita segera mengakhiri suasana yang tegang, suasana yang panas, demo anarkis ini menjadi kembali tenang, kembali pulih, kembali stabil,” kata Wiranto seusai pertemuan dengan tokoh Papua di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Jumat (30/8).

Baca Juga: Unjuk Rasa di Papua, Kota Jayapura Lumpuh dan Mencekam

Baca Juga: Baku Tembak di Papua: 1 Prajurit TNI Tewas, 2 Polisi Terluka

Sumber: detik.com
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner