Safari Politik

Ganjar Safari ke Surabaya dan Jember, Pakar: Bagian dari Strategi Politik

Ganjar Pranowo melakukan safari politik perdana ke Surabaya dan Jember. Kunjungan ini dianggap sebagai strategi.

Featured-Image
Pakar anggap safari politik Ganjar Pranowo merupakan bagian dari strategi (Foto: apahabar.com/HanaaSeptiana)

bakabar.com, SURABAYA - Calon Presiden Ganjar Pranowo melakukan safari politik perdana ke 2 daerah di Jawa Timur minggu lalu, yakni Surabaya dan Jember. Kunjungan ini dianggap sebagai sebuah strategi politik.

Pakar Politik Universitas Airlangga Ucu Martanto mengatakan bahwa safari politik ke Surabaya untuk Ganjar memang sangat penting. Terlebih Surabaya adalah basis PDI-Perjuangan. 

Selain itu, Ucu memperhatikan bahwa Ganjar sebenarnya sudah beberapa kali ke Surabaya sebelum ditetapkan menjadi bacapres PDI-P. Hal ini dipandang sebagai sebuah strategi untuk memperkuat kantong-kantong suara Ganjar di daerah basis.

Baca Juga: Ganjar Datangi Langsung 3 Siswa Pengirim Surat Kepadanya di Borobudur

“Ini strategi jangka panjang. Kalau kantong suara digarap belakangan ya bisa jadi tergerus oleh capres lain seperti Anies atau Prabowo,” kata Ucu saat dihubungi bakabar.com, Senin (8/5).

Sebaliknya, safari politik Ganjar ke Jember dinilai menarik untuk dianalisa. Ucu menilai kunjungan ke Jember bisa mengerucut ke 2 kemungkinan.

“Menarik karena bisa jadi by design atau by default,” ucap Ucu.

Untuk by design, Ganjar mungkin ada kebutuhan untuk menemui konstituen, relawan, dan kiai-kiai di Jember. Sementara untuk by default, kunjungan ke Jember mungkin di luar rencana awal. Misalnya saat berkunjung ke Surabaya langsung ke Jember karena ada undangan khusus. 

Baca Juga: Ditinjau Langsung Ganjar Pranowo, Jembatan Gantung Ngembik Magelang Bakal Direnovasi

Namun, kemungkinan by default ini juga bisa dikaitkan dengan safari politik Anies Baswedan pada hari yang sama di Jember. Ucu menganggap bahwa ini bukan sebuah kebetulan, melainkan bagian dari strategi tim Ganjar.

“Kita lihat dulu polanya, apakah tiap Anies ke sebuah daerah, Ganjar akan di sana juga. Saya kira ini bagian dari strategi,” papar Ucu.

Editor
Komentar
Banner
Banner